Antusiasnya Naya Ikuti Kawah Kepemimpinan Pelajar

NASIONAL

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

KKP – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kembali mengadakan kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) jenjang SMP di Yogyakarta. Ternyata kegiatan ini memang paling ditunggu oleh pesertanya yang terdiri dari para pelajar yang masuk dalam ekstrakurikuler di sekolah.

Salah satunya adalah Eurucakra Tanaya Dinanti, siswa SMP Negeri 1 Baturetno, Wonogiri, Jawa Tengah. Salah satu pelajar yang menggeluti Kepramukaan ini mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan yang diadakan di Griya Persada, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Antusiasme pelajar yang akrab disapa Naya ini timbul karena dia membayangkan akan banyak ilmu dan wawasan yang didapatkan saat mengikuti kegiatan ini. Pasalnya, memang Naya baru pertama kali mengikuti kegiatan seperti KKP ini.

“Selain itu juga banyak teman baru ketemu. Walaupun pesertanya hanya dari Yogyakarta dan Jawa Tengah, tapi saya belum pernah bertemu dengan mereka sebelumnya. Pasti seru sekali, saya sangat antusias,” kata Naya saat diwawancarai.

Terkait kegiatan sendiri, Naya mengaku sama sekali tidak tahu tentang kegiatan yang terus digalakkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah ini. Hanya saja, jika bicaera kepemimpinan, Naya mengatakan pendapatnya.

Menurut Naya, seorang pemimpin haruslah tegas dalam mengambil keputusan dengan pertimbangan yang matang. Jujur, adil dan mandiri adalah hal utama, katanya.

“Kalau tidak jujur, apalagi tidak mandiri, bagaimana mau jadi pemimpin. Pemimpin harus adil juga, jangan berat sebelah,” imbuhnya.

Peserta yang bercita-cita ingin menjadi pengamat cuaca di BMKG ini mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pendidikan kepemimpinan yang dibutuhkan pelajar di era sekarang ini. Dan dia pun sangat bersyukur dapat terpilih untuk mewakili sekolahnya untuk mengikuti kegiatan ini.

“Terimakasih kepada pihak sekolah karena memilih saya. Senang sekali bisa ikut, semoga saya bisa mendapatkan banyak ilmu di sini,” tutur Naya.