Kisah Sang Peraih 2 Medali Emas Cabor Renang

Nasional

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

O2SN, Yogyakarta – Senyum terus mewujud di wajah Nadia Salsabila Melinda di area kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta pada Kamis (20/9/2018). Dari 3 nomor yang diikutinya, Nadia berhasil mendapatkan 2 medali emas dan 1 medali perunggu. Untuk medali emas diraihnya pada nomor 50 meter gaya dada putri dan 100 meter gaya dada putri. Untuk medali perunggu diraih Nadia pada nomor 100 meter gaya bebas putri.

“Saya bangga, senang bisa meraih prestasi ini. Bisa ngebanggain orang tua,” kata Nadia di area kolam renang Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (20/9/2018).

Pada 50 meter gaya dada putri, Nadia mencatatkan waktu 36.82. Pada 100 meter gaya dada putri, Nadia mencatatkan waktu 1:21.28. Pada 100 meter gaya bebas putri, Nadia mencatatkan waktu 1:06.10.

Untuk mencapai raihan waktu tersebut, Nadia giat berlatih.

“Saya latihan pagi dan sore. Untuk pagi, latihan selepas Subuh sampai jam 6. Untuk sore, jam 3 sore sampai selesai. Saya latihan dari Senin sampai Sabtu,” terang siswi SMPN 1 Gresik ini.

Sementara itu Chandra (pelatih Nadia) mengaku semenjak belia, sang atlet memang memiliki etos latihan yang baik.

“Saya memegang Nadia sejak dari kecil. Tentu ada perbedaannya ketika melatih dia dulu waktu SD dan kini di SMP. Waktu SD yang dilatih masih pemula teknik dasar. Kalau sudah masuk ke pertandingan, porsi latihannya beda. Kapasitas untuk anaknya latihannya berbeda juga,” tutur Chandra.

“Kita di klub punya target panjang sampai akhir tahun, jadi tetap kita persiapkan, karena nomor-nomornya pendek, kita ambil ke jarak pendek anaknya,” tambahnya.

Nadia sendiri mengaku mulai berenang sejak kelas 2 Sekolah Dasar (SD). Ia mengaku sejak semula memang tidak takut dengan air dan langsung berani untuk berenang. Baginya berenang itu seru dan enjoy.

Ada pun untuk menghadapi lomba di O2SN, jam-jam sebelum lomba dilakoninya dengan tidur yang cukup serta makan dan minum dengan kadar gizi yang tepat.

“Sebelum lomba, saya tidur yang cukup. Maksimal setengah 10 sudah tidur. Memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan, vitamin juga diminum,” jelas Nadia yang bercita-cita menjadi perenang.

O2SN yang mengenal seleksi berjenjang ini pun baginya tak sekadar soal kompetisi dan kalah-menang.

“Makna O2SN menambah banyak teman. Belajar sharing-sharing juga. Bisa main-main bareng. Bagi saya menang-kalah sudah biasa. Yang penting kita happy aja. Enjoy aja disini. Jangan mikirin apa-apa di sini,” tutur Nadia Salsabila Melinda wakil dari provinsi Jawa Timur.