O2SN Ajang Aktualisasi Potensi dan Bakat di Ranah Olahraga

O2SN

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

O2SN, Yogyakarta – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) memberi wadah bagi siswa-siswi untuk mengaktualisasikan kemampuan dan mencetak prestasi terbaiknya. Melalui berbagai jenis lomba/pertandingan, O2SN menciptakan ruang bagi siswa dalam menggapai prestasi optimalnya di medan kompetisi.

Dalam kesempatan Upacara Pembukaan O2SN, Mendikbud Muhadjir Effendy berpesan agar para atlet muda menampilkan yang terbaik. Dikarenakan ajang O2SN ini menjadi panggung yang memperlihatkan para calon sumber daya atlet Indonesia.

“Oleh sebab itu saya pesan kepada para peserta, kepada para atlet berikanlah prestasi Anda yang terbaik dalam O2SN. Karena bukan tidak mungkin apa yang Anda capai dalam O2SN ini akan tercatat, diinventarisir oleh tim pemandu bakat untuk nanti disiapkan mengikuti Olimpiade, event olahraga bukan hanya di tingkat nasional tapi internasional,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (17/9/2018).

“Sekarang pemerintah Republik Indonesia sedang menyiapkan Olimpiade yang akan diselenggarakan di Tokyo dan tentu saja kita berharap alumni-alumni O2SN akan ikut ambil bagian di event Olimpiade nanti,” terang Muhadjir Effendy di hadapan ribuan partisipan O2SN.

O2SN sebagai wahana sumber daya atlet yang nantinya akan membawa harum nama Indonesia di pentas internasional juga diyakini oleh Plt.Direktur Pembinaan SMP Sutanto.

“Karena inilah kesempatan untuk mengaktualisasikan diri, kemampuan kita agar diketahui oleh orang lain. Ketika nanti mendapatkan juara bisa diajukan ke tempat lain. Selain itu sesuai dengan arahan pak Menteri waktu pembukaan, peluang untuk maju itu banyak kesempatan tidak hanya di event O2SN. Kalau nanti diketahui kalau ini bagus kualitasnya maka bisa diambil untuk Asian Games, PON, Olimpiade, dan sebagainya,” kata Sutanto di GOR Klebengan, Senin (17/9/2018).

Sutanto dalam kesempatan tersebut turut memantau sejumlah partai bulu tangkis yang sedang memainkan babak penyisihan. Menurutnya para peserta O2SN diharapkan dapat bermain maksimal di ajang O2SN yang telah memasuki tahun kesebelas penyelenggaraannya.

“Saya memberikan motivasi untuk anak-anak yang sedang bermain di O2SN ini. Saya sempat melihat beberapa pertandingan, itu bagus. Saya rasa perlu ditingkatkan lagi dan bermainlah secara maksimal untuk mendapatkan juara,” urai sosok yang juga menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ajang O2SN Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta pada 16-22 September ini juga menjadi aktualisasi potensi, bakat, dan minat siswa.

“Teruslah berlatih, berkarya untuk mendapatkan yang terbaik,” pesan Sutanto.