Belajar Praktik Yes, Belajar Teori Yes

Nasional

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

OSN, Padang – Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke XVII di Padang, Sumatera Barat menjadi ajang unjuk taji provinsi DKI Jakarta. Secara keseluruhan DKI Jakarta meraih 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu. Untuk OSN SMP tahun 2018, provinsi DKI Jakarta menjadi Juara Umum dengan perolehan 6 medali emas, 5 medali perak, 6 medali perunggu. Salah satu peraih medalinya yakni Sammuel Himawan. Ia meraih medali perak OSN SMP bidang IPA.

Para siswa peserta OSN SMP menghadapi 2 hari tes yakni tes praktik/eksperimen dan tes teori. Sammuel sempat merasa panik kala menghadapi tes eksperimen.

“Panik-panik sih pas ngerjain soal. Ada beberapa soal nggak begitu sulit juga sih. Kayak at least nggak dapat 0,” kata Sammuel Himawan seusai mengikuti tes eksperimen di Universitas Negeri Padang, Selasa (3/7/2018).

Baginya belajar praktik dan belajar teori memiliki palung keseruan tersendiri.

“Serunya kalau belajar praktik, kita bisa mencoba diri live, bukan cuma belajar di buku. Kalau belajar di buku kadang-kadang bosenin. Apa sih ini yang dimaksud. Kalau praktikum kita kayak benar real life handling secara langsung. Serunya belajar teori IPA kayak kita bisa menjelajahi dunia. Kita kayak tahu banyak sekali fakta-fakta yang menarik,” jelas siswa SMP Kristen 8 BPK Penabur ini.