Tak Sekadar Latihan, Shalat Malam Jadi Persiapan Salsabila di Kejuaraan Karate

INTERNASIONAL

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

Internasional, Jakarta – Ikhtiar dan tawakal merupakan dua sisi yang diperlukan bagi setiap upaya manusia untuk menggapai cita-citanya. Hal itulah yang dilakoni oleh Salsabila Ragil Putri Ardiana tiap kali mengikuti kejuaraan karate. Salsabila merupakan peraih medali emas Kumite Putri +45 kg dan medali perunggu Kata Putri Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP 2017.

Raihan medali emas O2SN SMP 2017 membawa siswi SMPN 1 Tulangan ini menjadi salah satu anggota Tim Indonesia Tingkat SMP di event The 31st Coupe Internationale de Kayl 2017. Hanya berselang 1 bulan lebih dari menjadi kampiun O2SN, Salsabila membuat bangga Indonesia dengan meraih medali perak Kata Perorangan Female U-14 dan medali perunggu Kumite Female U-14 +50 kg di The 31st Coupe Internationale de Kayl 2017.

“Saya latihan full seminggu, terkadang sehari dua kali. Pulang sekolah langsung latihan. Sore istirahat, shalat, ngaji. Malamnya latihan lagi. Saya ngaji tiap maghrib,” kata Salsabila di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Rabu (18/10). “Sebelum bertanding, berdoa, shalat malam.”

Rutin latihan diiringi dengan doa membawa Salsabila untuk berkunjung ke sejumlah tempat yang mempesonanya. Selain Coupe Internationale de Kayl yang dihelat di Luxemburg, ia juga berkesempatan berpose di Menara Eiffel dan berkunjung ke Hagia Sophia.

“Senang banget. Biasanya melihatnya di buku cerita. Sekarang bisa melihat langsung,” tutur Salsabila.

Salsabila sendiri meski merasa cuaca di Luxemburg begitu dingin, namun tetap berusaha optimal dengan disiplin yang tinggi untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia.

Alhamdulillah. Senang banget bisa mengibarkan bendera Merah Putih di negeri orang,” ungkap Salsabila.