FLS2N Sejalan dengan Pendidikan Karakter

FLS2N

Trilogy pertama Star Wars dimulai dari episode 4, 5 dan 6

Photo: star wars trilogy

FLS2N, Manado - Bertempat di ballroom hotel Mercure pada hari Kamis (1/9) Pentas Seni dan Penganugerahan Medali FLS2N Tingkat SMP dihelat. Event tersebut terasa istimewa dikarenakan menghadirkan sejumlah aksi kolaboratif baik antarpeserta maupun dengan juri.

Dr.Sumharmoko, MA Kasubdit Peserta Didik SMP memberikan pidato di Pentas Seni dan Penganugerahan Medali dengan diawali oleh pantun. Hal tersebut menyesuaikan dengan konsep Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional yang “nyeni” banget.

“Event FLS2N ini secara total dibanjiri lebih dari 5.000 orang,” kata Sumharmoko.

Sumharmoko sendiri memberikan 3 kesimpulan pada FLS2N tahun ini.

“Pertama, apakah kemampuan para peserta bisa bersaing di tingkat nasional. Kedua, silaturahmi antaranak bangsa. Mungkin inilah pertama kali bagi beberapa peserta melihat kota Manado. Ketiga, kebersamaan yang dapat terangkai indah. Pada tahun 2045 bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka, kalianlah yang akan membingkai NKRI sebaik-baiknya menjadi Indonesia jaya,” ungkap Sumharmoko.

Sementara itu Dr.Supriano, M.Ed Direktur Pembinaan SMP mengungkapkan bahwa para peserta FLS2N merupakan profil yang dibutuhkan untuk sukses di abad ke-21. Tak lupa ia berpesan 5 hal kepada para peserta FLS2N.

“Pertama, tingkatkan terus daya literasi. Kedua, diharapkan kompetensi, critical thinking dapat terus berkembang. Ketiga, kolaborasi antarsesama anak bangsa. Keempat, inovasi yang terus dilakukan. Kelima, memiliki karakter yang baik,” tutur Supriano.

FLS2N sendiri merupakan event yang tepat dan sejalan bagi pendidikan karakter anak didik.

“Dari kurikulum yang ada 60% adalah pendidikan karakter. FLS2N sudah melaksanakan apa yang direncanakan Depdikbud. Harapannya anak didik kita bisa bersaing dengan negara lain,” ungkap Supriano.

Supriano juga berpesan kepada mereka yang gagal di FLS2N tahun ini agar tidak patah arang.

“Kalian mewakili 9 juta anak SMP. Kalian sudah hebat. Kalau belum berhasil disini, jangan putus asa. KFC saja baru berhasil di percobaan yang ke 5.000. Jika kalian gagal di sini, maka masih ada 4.999 kesempatan. Sebagai apresiasi untuk kalian semua akan diberikan beasiswa prestasi sebesar 3 juta,” urai Supriano yang disambut gemuruh bahagia para peserta FLS2N Tingkat SMP.