Nasional – Memberikan pelatihan sepakbola harus melalui proses yang berjenjang. Antara proses latihan usia anak-anak, remaja dan dewasa pelatih harus memberikan jenis latihan yang dibutuhkan.

Misalnya pada usia anak- anak, yakni usia 6 tahun  sampai 9 tahun seorang pelatih harus memberikan pelatihan yang bisa menghadirkan kegembiraan. Pada fase kegembiraan ini anak-anak dilatih dengan bentuk kegembiraan, sehingga mereka sangat menikmati saat mengikuti proses latihan.

“Pengenalan sepakbola di usia ini (6-9 tahun) banyak latihan yang diberikan untuk kegembiraan. Nanti semakin banyak dan lama mengikuti latihan mereka akan akan paham  dengan sendirinya bagaimana teknik bermain bola,” ujar salah satu instruktur Pelatihan Pelatih Sepakbola Lisensi D bagi guru Penjasorkes SMP, Philip Hansen Maramis saat ditemui di sela-sela latihan praktek di POR PELITA , Sawangan, Senin (10/12/2018).

Philip mengatakan pada fase ini anak-anak harus banyak pengenalan sepakbola dengan penuh kegembiraan. Materi yang diajarkan pada fase ini antara lain koordinasi, ball feeling, dribble. Selain itu mereka diajarkan bagaiman melakukan passing, receiving dan shooting.

“Tapi ini harus dilakukan penuh kegembiaraan. Yang penting anak-anak mengerti apa itu dribbling, passing, ball feeling dll,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan pada fase ini yang banyak ditekankan adanya tentang ball feeling dan  latihan bola salju.  Dengan latihan ball feeling ini anak-anak dijarkan tentang perasaannya terhadap bola, sehingga mereka akan benar-benar menikmati saat bermain bola. Dan latihan bola salju mengajarkan mereka agar proaktif. “Artinya dia bermain bagaimana dia membantu kawannya kalau sudah jadi salju harus dibantu, dijemput dia dengan menyentuhkan bola, artinya kalau sudah dibantu kawannya dia bergerak lagi. Ini juga latihan reaksi,” imbuhnya.

Pada fase kegembiraan ini sejak dini akan dilatih kelincahan. Apabila dasar-dasar mereka sudah mengetahui ditambah dengan kelincahan untuk jenjang selanjutkan akan lebih matang dalam melakukan teknik-teknik bermain sepakbola.  

“Di latihan ini juga diajarkan kelincahan dengan 4 lawan 4. Di sini akan  nampak ada beberapa pemain dengan dribbling , sentuhan dengan ball feeling  juga nampak. Ini akan kelihatan kelincahan anak-anak sebelum diajarkan lebih lanjut. Mereka sudah  mempunyai dasar-dasar bola yang baik. Ini juga menerapkan dasar-dasar yang baik pula,” tutupnya.

Comments