Gala Siswa Indonesia –  Tim Gala Siswa Indonesia SMP 2018 yang mengikuti program pelatihan sepakbola di Akademi Juventus, Turin, Italia  Kamis (6/12) telah kembali ke tanah air.  Ada banyak hikmah yang mereka dapatkan selama mengikuti training center selama 10 hari di sana.

Demikian disampaikan Brand Ambassador GSI SMP 2018, Indra Sjafri saat ditemui di Terminal 2, Bandara Soekarno- Hatta, Tangerang, Kamis (6/7).

“Kami bersyukur telah kembali dari Juventus untuk mengikuti training center selama 10 hari. Kami sangat berterimakasih kepada Kemendikbud yang telah mengirim  ke Juventus,” ujarnya.

Menurut Indra banyak manfaat yang mereka dapat selama mengikuti training center  di sana. Salah satunya mereka bisa melihat secara langsung sesi-sesi latihan  yang diberikan oleh para pelatih Juventus.

“Banyak manfaat yang kita lihat.  Saya sangat senang mengikuti mereka, dari disiplin mereka, bagaimana mereka mengikuti sesi-sesi latihan yang dilakukan setiap pagi dan sore dan tiga pertandingan uji coba dengan mereka,” katanya.

Melihat anak-anak Indonesia saat menjalnai pertandingan uji coba, kualitas mereka tidak kalah jauh. Bahkan mereka jauh lebih unggul. Sebab, sebanyak tiga kali pertandingan uji coba mereka menang.

Menurut Indra dengan adanya program ini mereka akan semakin percaya diri. Sebab, mereka sudah merasakan sendiri bertanding dengan anak-anak Italia.  Maka tugas kita adalah bagaimana memberikan kepercayaan diri kepada mereka, sesungguhnya anak-anak Indonesia juga memiliki kualitas  yang sangat luar biasa.

“Dengan adanya program ini mereka akan yakin  bahwa mereka memiliki potensi,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan dengan adanya  program pelatihan sepakbola di Akademi Juventus ini akan membuka wacana kepada mereka. Yang salama ini  mereka tidak tahu apa itu Juventus, sekarang mereka mengetahui. Dan kesan yang mendalam dari program ini mereka bisa menonton secara langsung saat  Cristian Ronaldo bermain.

“Banyak hal-hal positif yang mereka dapat. Di usia mereka sudah mendapat seperti itu menurut saya sudah sangat bagus,” katanya.

Dan pada kesempatan itu dia berpesan agar anak-anak Indonesia terus bersemangat dalam menggapai cita-citanya. Apabila ingin menjadi pemain sepakbola professional maka harus berlatihlah sungguh-sungguh. Dimana pun berlatih jika dibimbing oleh pelatih yang unggul maka akan menghasilkan pemain yang unggul pula.

“Mau latihan di Juventus atau di Indonesia  hampir sama . Cuma sekarang bagaimana kualitas pelatihnya dalam melakukan sesi latihan. Dan  mau melakukan perbaikan-perbaikan yang tepat. Sebab kemampuan anak Indonesia tidak ada perbedaan dengan mereka,” tegasnya.

Comments