Internasional – Tim Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Nasional kembali ke Tanah Air pada Kamis (6/12/2018) setelah mengikuti Training and Development of Young Footballers and Trainers in Juventus Academy. Mereka mengikuti event tersebut di Italia pada 27 November s.d. 5 Desember 2018. Tim Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Nasional diisi oleh 16 pemain dari Provinsi Jawa Timur dan 2 pemain dari Provinsi Banten. Seperti diketahui tim Jawa Timur merupakan Juara I Liga Sepakbola Siswa Indonesia (Gala Siswa Indonesia) SMP Tingkat Nasional Tahun 2018. Sedangkan Banten merupakan Juara II Gala Siswa Indonesia (GSI) yang untuk kali pertama diselenggarakan pada tahun 2018.

Jatah pelatihan di Juventus Academy merupakan hak dari tim Juara I GSI 2018 sebagai apresiasi terhadap prestasi mereka. Namun 2 pemain dari Jawa Timur di waktu bersamaan mengikuti pelatihan di klub Tranmere Rovers di kota Liverpool. Sehingga 2 pemain dari tim Banten yakni Muhamad Fahmi dan Aditiya Daffa Al'Haqi dipilih untuk melengkapi skuat yang berisi 18 pemain tersebut. 18 pemain usia SMP tersebut didampingi oleh 4 ofisial dan brand ambassador GSI SMP Indra Sjafri kala mencicipi ilmu berharga di negeri Pizza tersebut.

Gala Siswa Indonesia Diikuti 205.830 Siswa SMP

Gala Siswa Indonesia merupakan kompetisi sepakbola jenjang pendidikan SMP yang terselenggara berkat kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).  Kompetisi sepakbola yang diselenggarakan untuk kali pertama ini dilaksanakan secara bertahap mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional. Sebelum memasuki kompetisi tingkat nasional, GSI diikuti 2.872 kecamatan, 257 kabupaten/kota. Dengan diikuti oleh 11.435 SMP, dimana masing-masing tim terdiri dari 18 orang. Dengan demikian 205.830 siswa mengikuti GSI.

Jumlah pertandingan GSI yang telah digelar untuk tingkat kecamatan sebanyak 2.588 pertandingan dan tingkat kabupaten/kota 737 pertandingan. Sedangkan pada tingkat provinsi sebanyak 165 pertandingan. Sementara pada GSI tingkat nasional diselenggarakan 64 pertandingan. Sehingga total pertandingan GSI di tahun 2018 mencapai 3.554 pertandingan.

Pelajaran Berharga di Italia

Selama di Italia, Tim Gala Siswa Indonesia SMP Tingkat Nasional melakukan 3 pertandingan persahabatan. Tim Merah Putih menghadapi BSR Grugliasco, ASD Airaschese, ASD Chisola Calcio. Tim GSI SMP berhasil menyapu bersih kemenangan di 3 partai persahabatan tersebut. Lawan yang mereka hadapi merupakan anak-anak yang menimba ilmu di sekolah sepakbola dalam rentang umur yang sama dengan tim GSI SMP.

Tim GSI SMP menjalani 8 kali latihan di Cantalupa Training Field. Cantalupa, sekitar 50 km dari kota Turin. Kota kecil di kaki Gunung Freidour itu memiliki fasilitas olahraga yang sangat lengkap. Tim GSI SMP juga melakukan studi ekskursi ke kota Turin dan Allianz Stadium, stadion kebanggaan Juventus yang canggih di Italia. Tim GSI SMP juga berkesempatan ke Juventus Museum. Di sana mereka dapat melihat perjalanan tim Juventus selama lebih dari 1 abad, beserta trofi, barang bersejarah, serta fasilitas multimedia yang interaktif. Pada 27 November 2018, tim GSI SMP mendapatkan kesempatan berharga menyaksikan langsung partai Liga Champions antara Juventus melawan Valencia di Allianz Stadium.

Comments