Peserta OSN 2019 SMP “IPA itu Menarik”

Yogyakarta- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seringkali dianggap sebagai bidang pelajaran yang sulit dan rumit. Namun tidak demikian bagi peserta OSN 2019 tingkat SMP bidang IPA. Muhammad Reivan Shaquille dari SMP Negeri 2 Kolaka, Sulawesi Tenggara membagikan ceritanya, “Awalnya tidak suka IPA, tapi karena disuruh kepala sekolah ikut IPA lama kelamaan jadi ketagihan dengan IPA, karena IPA membuat kita semacam membuka rahasia alam semesta sehingga saya menjadi tertarik.”

Hal ini juga dirasakan oleh teman satu provinsinya yaitu I Gede Adhiyaksa Kusuma Dharmawan asal SMPN 1 Kendari, “Mata pelajaran IPA sangatlah menarik, saya terinspirasi oleh tokoh ilmuwan biologi, Louis Pasteur yang pantang menyerah dalam penelitiannya.” Ujarnya usai mengerjakan tes hari kedua OSN 2019 bidang IPA di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Baca Juga  Pelaksanaan Seleksi OSN tingkat Kab/Kota 2019

Reivan dan Adhiyaksa adalah dua diantara 136 peserta OSN 2019 tingkat SMP bidang IPA. Diadakannya ajang OSN ini diharapkan dapat merubah kesadaran di kalangan siswa dan warga sekolah dari persepsi yang semula menganggap pelajaran Sains sulit menjadi pembelajaran Sains yang menyenangkan .

Melalui Sains peserta didik mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan merefleksikan peristiwa apa yang terjadi dalam dunia keseharian.untuk mengubah dunia menjadi jauh lebih baik.

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top