Peran Penting Orang Tua Mendampingi Buah Hatinya

Seorang ibu dikaitkan dengan belajar sepanjang hayat harus menjadi pelajar. Yang harus mempelajari teknologi yang semakin hari semakin berkembang dengan pesat agar bisa mengimbangi psikologi anak. Seorang ibu harus menjadi benteng, membentengi anak dari efek negatif teknologi.

Ibu menjadi suri tauladan dalam kebaikan apapun, Ibu menjadi pengawas, mengawasi anak dari hal hal menyimpang dari perkembangan psikologisnya. Ibu menjadi guru dengan memberikan edukasi, pendidikan yang lebih intensive diluar sekolah. Ibu sebagai pembimbing memberi pencegahan  dan pengajaran agar mereka paham dan mencegah mereka dari hal-hal yang menyimpang baik agama ataupun sosial.

Ibu sebagai partner suami menyesuaikan visi misi kehidupan. Mendidik anak sesuai zamannya, ingatlah kontrak sebagai Ibu kepada Allah.

Meski manusia memiliki sudut pandang berbeda tetapi kita tetap teguh. Tentukan target-target hidup yang diperlukan bukan sekedar ego dan ambisi pribadi. Persiapkan waktu untuk mempertebal kapasitas diri, nasehat dan menasehati dalam hal kesabaran dan kebenaran harus dipertahankan. Gangguan dan tantangan adalah bentuk kasih sayang dari Allah. Jangan jadi depresi bila ada tantangan, ingatlah itu adalah bentuk kasih sayang dari Allah.

Bila tidak pernah diberi tantangan dan selalu diberi kemudahan, justru tidak akan membuat kita kuat.

Rasa cemas yang berlebihan merupakan awal mula depresi. Hargailah diri kita disetiap pencapaian yang diraih sekecil apapun itu. Bila kita selalu mengeluh tidak menghargai diri sendiri, bagaimana orang akan melihat diri kita?

Baca Juga  App Android Dokumen Pendukung Kurikulum 2013

Era digital tidak bisa dipungkiri, era digital harus dipelajari, pengetahuan dapat diperoleh dengan mudah di dunia nyata ataupun didunia maya. Tetapi akhlak, budi pekerti, sopan, santun terutama Ibu lah kuncinya.

Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya. Engkau telah mempersiapkan generasi terbaik. Ibu adalah Madrasah, ibu adalah sekolah terbaik. Maka dari itu, ibu harus jadi pelajar, ibu itu harus jadi pendidik, ibu itu harus jadi pengawas, ibu adalah segalanya bagi kita.

Maka orang tua mempunyai kewajiban menghantarkan anak dalam menjalani kehidupan. Pada zaman milenial ini cenderung banyak diperdayakan oleh teknologi tapi bagaimana kita dapat memperdayakan teknologi. Teknologi dapat menjadi suatu hal yang positif bila digunakan secara baik.

Peran guru dan orang tua mampu memfasilitasi menjadi pendidik, pengawas, dan pembimbing. Karena bila di biarkan begitu mereka akan berselancar di dunia maya yang belum tentu semuanya bagus untuk mereka yang apalagi 80% kontennya tidak bagus.

Gadget semakin dilarang, bila  tidak mampu memanfaatkan dengan baik.. Seperti zaman  milenia sekarang  perlu adanya pengarahan dan bimbingan sebagainya.

Dilema orang tua, anak tidak boleh bergadget ria, karena akan banyak memengaruhi perkembangan fisiknya serta daya pikirnya.

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top