Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Jakarta –  Kemerdekaan adalah sebuah pencapaian yang tak ternilai harganya. Hari ini secara serempak dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI. Beragam perlombaan umumnya dilakukan oleh masyarakat,untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, dengan mengikuti perlombaan kita dapat belajar untuk memperjuangkan kemenangan seperti yang telah dilakukan para pahlawan terdahulu.

Himatun Aliyah Ahmad, salah satu siswi SLB-A Pembina, Lebak Bulus, Jakarta Selatan mengutarakan rasa senangnya dapat melaksanakan upacara langsung bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan “Aku merasa senang sekali bisa ikut upacara Kemerdekaan bersama Pak Menteri dan lainnya  karena biasanya upacara 17 Agustus  dilakukan di sekolah, hari ini aku diberi kesempatan untuk mengikuti upacara disini sehingga aku bisa mengenal lingkungan Kemendikbud.” Ujarnya.

Baca Juga  Memaknai Hari Tani Sedunia 24 September 2019

Menurutnya arti Kemerdekaan itu ialah suatu kebebasan, bebas berpendapat, berekspresi, dan mendapatkan hidup yang layak tanpa adanya tekanan dari siapapun.
Kemerdekaan bukan semata-mata hadiah dari bangsa lain, namun Kemerdekaan diraih dari hasil perjuangan para pahlawan yang rela berkorban. Selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah gugur, Kemerdekaan Indonesia juga dapat dimaknai sebagai bentuk rasa cinta tanah air.

Walaupun Indonesia telah merdeka, perjuangan tidak berhenti disitu saja. Sebagai pelajar ada banyak hal yang dilakukan untuk mengisi Kemerdekaan yaitu dengan  cara belajar sungguh-sungguh agar sukses dalam membangun Indonesia yang maju, melestarikan Kebudayaan Indonesia, Menjaga Bhinneka Tunggal Ika dan menanamkan jiwa Nasionalisme pada generasi muda .

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top