Penyusunan Monev Pasca Bimtek pengembangan Instrumen Penilaian 4 Mapel SMP Satu Atap

Tangerang – Kurikulum 2013 telah di-implementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014. Pada tahun pelajaran 2018/2019, ditargetkan 100% satuan pendidikan sudah diberikan pelatihan Kurikulum 2013. Komponen penting dalam implementasi Kurikulum 2013 (K-13) diantaranya pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dengan menekankan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, dan pengembangan kecakapan Abad 21 (meliputi kemampuan Berfikir Kritis/Critical Thinking; Berfikir Kreatif/Creative Thinking; Kemampuan Berkolaborasi/Collaborative Skill; dan Kemampuan Berkomunikasi/Communication Skill) 4C s.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan K-13 yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan SMP pada tahun 2015, masalah utama yang dihadapi oleh para guru dalam pelaksanaan K-13 adalah dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mendisain instrumen penilaian, melaksanakan pembelajaran, melakukan penilaian, serta mengolah dan melaporkan hasil penilaian.

Sehubungan hal tersebut, pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui kegiatan Bimbingan Teknis tentang Pengembangan Instrumen Penilaian pada 4 (empat) Mata Pelajaran (Mapel), meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi guru SMP Satu Atap, yang telah dilaksanakan beberapa region, yaitu region Lampung, Ambon, Makassar 1, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Makassar 2, dan Denpasar. Sebanyak 900 (Sembilan ratus) orang guru yang berasal dari 450 SMP Satu Atap. Tiap sekolah diminta mengirimkan 2 (dua) orang guru yang masing-masing, 1 (satu) orang berasal dari rumpun mata pelajaran MIPA Matematika/IPA) dan 1 ( orang) rumpun mata pelajaran Bahasa (Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris).

Baca Juga  IJSO SMP - QATAR 2019

Dengan adanya Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Penilaian 4 mata pelajaran ini, diharapkan para guru SMP Satu Atap akan memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang memadai dalam menyiapkan dan melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang baik dan benar berbasis Kurikulum 2013.

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top