Penyusunan Instrumen Monev Pasca Training of Trainers Penggunaan Aplikasi e-Rapor

Tangerang – Rapor adalah ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam satu semester. Proses penginputan nilai, perhitungan nilai hingga penggabungan nilai dari berbagai guru mata pelajaran menjadi proses yang terkadang memakan waktu.

e-Rapor adalah sebuah sistem aplikasi berbasis Web, dengan aplikasi e-Rapor lebih akuntabilitas dan transportasi dalam proses evaluasi serta dapat mudah diterapkan di banding dengan menggunakan cara manual seperti yang dilakukan selama ini. Serta memudahkan guru dalam melaporkan hasil belajar siswa.

Proses Penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan Pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Terkait dengan hal tersebut, sejak tahun 2017 Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah mengembangkan aplikasi e-Rapor SMP versi 1.0 yang teritegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan pengunaannya. Namun sejalan dengan perkembangan kebijakan penilaian, Dapodik, dan kebutuhan di sekolah, maka saat ini telah dilakukan upaya pengembangan dan penyempurnaan menjadi aplikasi e-Rapor SMP versi 2.0.

Tahun 2019 ini Direktorat Pembinaan SMP melakukan kegiatan Training of Trainers (ToT) penggunaan aplikasi e-rapor untuk 200 SMP dari 200 kabupaten/kota di 34 provinsi serta 34 orang perwakilan dari masing masing LPMP provinsi.

Salah satu kendala yang dihadapi agar e-Rapor SMP dapat digunakan oleh seluruh SMP baik Negeri dan swasta adalah kurangnya tenaga fasilitator yang mendukung layanan serta membantu memfasilitasi mengatasi masalah-masalah teknis terkait penggunaan e-Rapor di seluruh Wilayah Indonesia.

Baca Juga  Pemodelan Pembelajaran Inovatif Matematika

Dalam rangka mendukung ketersediaan sumber daya manusia sebagai fasilitator tersebut, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memprogramkan kegiatan pelatihan untuk calon fasilitator di daerah melalui kegiatan Training of Trainers (ToT) dengan melibatkan admin, wakasek bidang kurikulum serta instansi terkait yang mendukung percepatan peningkatan keterpakaian aplikasi e-Rapor SMP ini, yang selanjutnya disebut Training of Trainers (TOT) Penggunaan Aplikasi e-Rapor SMP.

Tujuan Training of Trainers (TOT) Pengunaan Aplikasi e-Rapor SMP yaitu, meningkatkan pemahaman tentang kebijakan penilaian Kurikulum 2013 berbasis TIK dengan menggunakan aplikasi e-Rapor SMP, meningkatkan pemahaman dan penguasaan aplikasi e-Rapor bagi para admin dan Wakasek Kurikulum, meningkatkan kemampuan teknis pengoperasian aplikasi e-Rapor, mempersiapkan fasilitator untuk daerah-daerah kabupaten/kota dalam rangka menangani permasalahan terkait implementasi aplikasi e-Rapor SMP dan memberikan pembekalan kepada admin dan Wakasek terkait aplikasi e-Rapor bagi SMP rujukan, SMP Model dan Sekolah Potensial untuk dapat mengimbaskan penggunaan aplikasi e-Rapor kepada sekolah-sekolah kabupaten/kota.

Diharapkan dapat meningkatknya pemahaman tentang kebijakan penilaian Kurikulum 2013 berbasis TIK, meningkatnya pemahaman dan penguasaan aplikasi e-Rapor, meningkatnya kemampuan teknis bagi para admin dan wakasek kurikulum mengimplementasikan aplikasi e-Rapor, tersedianya sumber daya manusia dalam hal ini fasilitator yang memiliki kompetensi yang memadai untuk mengimbaskan pengetahuan dan ketrampilannya ke sekolah-sekolah di kabupaten/kota di seluruh Indonesia , dan kesiapan para fasilitator e-Rapor SMP untuk dapat mengimbaskan penggunaan aplikasi e-Rapor pada sekolah di sekitarnya.

Penulis : Riska Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top