Penutupan OPSI SMP Tahun 2019

Jakarta – Penutupan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2019 telah ditutup oleh Dra. Poppy Dewi Puspitawati, MA selaku direktur Direktorat Pembinaan SMP di Kelapa gading, Jakarta.

Beliau menuturkan “Alhamdulillah kegiatan OPSI SMP tahun 2019 berjalan sebagaimana yang direncanakan. Tujuan kegiatan OPSI selain kompetisi, lomba tetapi yang kita harapkan peserta dapat menjalin banyak pertemanan dari seluruh wilayah Indonesia. Terlebih lagi, ketika mendengar dari Panitia bahwa kali ini dilaksanakan dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya dan mendapat sambutan luar biasa dari juri, peserta, pendamping dan orang tua peserta membuat Direktorat Pembinaan SMP untuk terus berkreasi dan inovatif dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk peserta didik”.

“Jangan putus asa, semoga ini sebagai ajang Nasional awal kalian untuk kegiatan perlombaan pemerintah lainnya. Semakin seringnya kita berkompetisi semakin terasah keterampilan kita. Anggaplah ajang seperti ini, sebagai latihan sehingga peserta terasah”. tambah Direktur Pembinaan SMP.

Konsep presentasi makalah yang terbuka, dialogis, dan partisipatif memang menantang, tidak hanya untuk peserta, panitia, namun juga untuk juri. Sehingga dengan konsep terbuka ini diharapkan sangat bermanfaat bagi para peserta, dan pendamping. Semakin banyak pengetahuan yang kita peroleh tentu saja semakin permaya khasanah kita, pengetahuan serta vocabulary. Selain dari bidang yang kita geluti tapi juga bidang yang sama-sama penting untuk kita masuki di dunia kerja.

Hari ini, 29 November merupakan Hari Kopri. Selamat pada kita semua terutama ASN (Aparatur Sipil Negara). Bahwa pembinaan karya ilmiah harus terus didorong agar menjadi habitus para peserta didik di seluruh Indonesia. Menariknya Tema Kopri adalah berkarya, melayani dan menyatukan. Alhamdulillah spirit tema pada kegiatan OPSI SMP tahun 2019. Berkarya: OPSI adalah ajang berkarya bidang riset tingkat nasional. Melayani: Direktorat Pembinaan SMP telah Melayani Peserta dan pendamping untuk terus berkarya dan bagaimana karya ini bermanfaat bagi pengembangan bakat dan prestasi peserta didik. Menyatukan: Kegiatan OPSI yang diikuti oleh peserta seluruh Indonesia adalah bentuk penyatuan budaya nusantara, karena disinilah kebhinekaan menjadi tunggal eka. Semoga kedepannya lebih baik.

Baca Juga  Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Penilaian 4 Mapel

Selain itu, OPSI juga adalah salah satu strategi menumbuhkan kembangkan nilai-nilai pendidikan karakter, seperti kompetitif, jujur, disiplin, local wisdom, mandiri, kerjasama, dan banyak lainnya.

Keterampilan abad 21 sudah diterapkan untuk kegiatan OPSI. Mudah-mudahan bila itu terus dipertahankan, dan  terus meningkatkan keterampilannya. Dengan begitu OPSI adalah kegiatan yang tidak sekadar melahirkan peserta didik yang handal secara kognitif namun cukup cakap secara emosional.

Jadikan ini adalah awal mula kalian berkarya terus menggali dan menghasilkan yang terbaik. Selamat pada para peserta yang menang OPSI 2019 dan yang belum terpanggil jangan putus asa, karena kalian adalah pemenang di Provinsi. Dan kegagalan saat ini adalah kemenangan yang tertunda untuk dimasa yang akan mendatang.

Silahkan lihat lebih lengkap video Wisata ke Dufan Jakarta dan Acara Penutupan OPSI SMP 2019 di Channel Youtube Direktorat Pembinaan SMP https://www.youtube.com/channel/UCQmcpVzOjfKvy6CfUb-wVzA

Foto Pembukaan OPSI SMP Tahun 2019 lebih lengkap silahkan lihat di menu Galeri – Foto

Penulis : Rizka Dwi Jayanti
Foto : Arraafi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top