Penutupan Bimtek Bantuan Operasional SMP Terbuka – Region Surabaya 2019

Surabaya – Bimbingan Teknis Bantuan Operasional SMP Terbuka untuk Region 2 (Surabaya). Peserta Bimtek yang diundang pada region ini sejumlah 81 orang dan yang telah hadir sejumlah 74 orang yang berasal dari 14 Provinsi yaitu : Bali, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kegiatan Bimtek ini ditutup oleh Direktur Pembinaan SMP, Ibu Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA, dengan didampingi oleh Kepala Seksi Program, Bapak Imam Pranata, S.S. Ibu Direktur Pembinaan SMP menyampaikan Kebutuhan SMP Terbuka dapat terlihat dari berbagai keadaan, seperti kondisi geografis dan ekonomi sehingga kami harus memfasilitasi pelayanan pendidikan. Namun dari tahun ke tahun semakin berkurangnya jumlah SMP Terbuka hal ini menunjukan kemajuan dan keberhasilan program SMP Terbuka.

Bantuan Operasional SMP Terbuka sebagai pematik, dalam menyelenggarakan sekolah Terbuka. Akses dan APK sudah hampir 100 dari segi kuantitas atau Angka. Namun dari segi kualitas jangankan SMPT sekolah reguler pun memiliki nilai yang kurang berdasarkan penilaian indeks mutu. Namun hal ini tidak bisa kita beda-bedakan, kita semua sama, baik anak di swasta, di negeri bahkan di SMP Terbuka. Direktorat Pembinaan SMP memiliki Asas Mutualisme yang di tuangkan dalam beberapa hal yaitu :

Baca Juga  Bertarung Dengan Logika Dalam OSN Tingkat SMP Tahun 2019

Saling percaya, Direktorat Pembinaan SMP percaya kepada sekolah penerima bantuan untuk dapat di manfaatkan secara maksimal dan dilaksanakan dengan baik dan benar.  Saling memahami, terjadi sinergitas antara Direktorat Pembinaan SMP dengan sekolah penerima bantuan dalam memahami maksud dan tujuan diberikannya di bantuan tersebut. Sehingga terjadi keselarasan tujuan antara Direktorat Pembinaan SMP dan Sekolah penerima Bantuan SMP terbuka.

Saling diuntungkan/dimanfaatkan, Hal ini bersama – sama mencapai tujuan yang sama yaitu memajukan anak-anak bangsa generasi penerus bangsa dan terciptanya pelayanan pendidikan yang maksimal.

Abad 21 merupakan tantangan kita bersama, sehingga dalam memenuhi tuntutan abad 21 Direktorat Pembinaan SMP bersama –sama kita menyiapkan Keterampilan Abad 21 pada peserta didik kita serta Penguatan Pendidikan Karakter sehingga menciptakan SDM Peserta didik yang memiliki kemampuan IQ dan EQ yang selaras.

Mudah – mudah dengan Kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Operasional SMP Terbuka ini tujuan akhirnya menciptakan SDM yang unggul dan tercapainya Indonesia Emas pad tahun 2024.

Penulis : Fauzi Nur Hidaya, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top