Penutupan Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen AKSI 2019

Jakarta – Penutupan Kegiatan Bimbingan Teknis pengembangan instrumen AKSI Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Jumat 25 Oktober 2019 di Hotel Horison, Ciledug.

Kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun stimulus dan mengembangkan soal-soal AKSI yang memiliki level kognitif berbeda.

Berikut beberapa tanggapan dari peserta Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen AKSI Tahun 2019.

Hadi Wardoyo M.Pd selaku Narasumber di Direktorat Pembinaan SMP dari SMPN 2 Bantur Malang mengatakan “Bimtek region jakarta 2 sangat luar biasa, peserta sangat antusias, setiap mengikuti tahap-tahapan pengembangan stimulus yang mengembangkan soal-soal AKSI sebagai ruktur penilaian. Semoga peserta region Jakarta 2 dapat mengemplementasikan hasil dari kegiatan Bimtek pengembangan instrumen AKSI secara real disekolah dan dapat berbagi kepada kawan-kawan guru di daerah setempat. Dengan soal-soal AKSI diharapkan siswa dapat mengembangkan daya pikir, serta berpikir kritis. Terdapat salah satu program Rumah belajar yang diharapkan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi dibidang pendidikan, pembelajaran serta pengembangan nilai-nilai karakter siswa.

Ibnu Hajar S.Pd selaku Narasumber di Direktorat Pembinaan SMP dari SMPN 111 Jakarta “Acara ini sangat diperlukan untuk siswa-siswa agar terbiasa mencari stimulus yang dari kehidupan sehari-hari  untuk mengasah penalaran siswa. Kegiatan Bimtek pengembangan instrument AKSI ini sangat bermanfaat untuk para guru untuk melatih mengembangkan soal-soal sesuai dengan kontekstual yang ada. Kemudian kita dilatih dengan soal-soal High order thinking skil. Kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk guru-guru kita. Semoga kegiatan seperti ini dapat berjenjang dan dapat di sebarluaskan ke semua guru yang ada di Indonesia.

Lili Mardiningsih M.Pd Selaku Narasumber di Direktorat Pembinaan SMP dari SMPN 4 Depok, Sleman, Jogjakarta mengatakan “Dengan adanya kegiatan Bimtek pengembangan instrumen AKSI dapat membuka pemikiran, serta mencari stimulus yang bisa menyusun instrumen. Peserta  Region Jakarta 2 sangat luar biasa antusias. Walaupun dari berbagi daerah mereka bisa saling membantu sehingga sukses menyusun instrument stimulus. Dengan penutupannya kegiatan bimtek pengembangan instrumen AKSI region Jakarta 2, setelah ini jangan berhenti untuk belajar imbaskan ilmu yang telah didapat ke sekolah untuk meningkatkan kompetensi dengan instrumen.

Baca Juga  Penyusunan Monev Pasca Bimtek pengembangan Instrumen Penilaian 4 Mapel SMP Satu Atap

Dwi Teguh Sulistyo S.Pd selaku peserta dari SMPN 55 Jakarta Utara mengatakan “Dengan adanya Bimtek pengembangan instrumen AKSI ini merupakan pengalaman baru untuk saya, banyak ilmu baru yang saya dapatkan. Semoga Bimtek pengembangan instrumen AKSI dapat diadakan kembali di setiap tahunnya.”

 

 

Nana Ramdhana S.S selaku peserta SMPN 1 Ciamis mengatakan “Acara ini menambah banyak ilmu, inovasi serta membuka mindset dalam pembuatan soal pembelajaran secara umum.  Memilki sudut pandang baru yang sebelumnya belum saya dapatkan. Semoga Bimtek pengembangan instrumen AKSI terus dapat berlanjut. Tugas bagi guru di daerah sehingga ide konsep pembuatan soal dan pembelajaran dapat tersebar luas diseluruh Indonesia. mari kita buka mindset, pola pikir, dan supaya lebih berinovasi dan untuk pembelajaran yang menarik untuk anak didik kita dimasa depan. Diharapkan dengan kemajuannya teknologi seperti sekarang ini  siswa tidak melupakan kebudayaan dan tradisi yang ada di Indonesia.

Wahyu Yuniarti S.Pd selaku peserta dari SMPN 7 Kalimantan Barat mengatakan “Dengan adanya kegiatan Bimtek pengembangan instrumen AKSI yang akan kami jadikan sebagai oleh-oleh yang akan kami bawa pulang untuk dilaporkan ke Dinas kabupaten kota dan disosialisasikan kepada para guru dan siswa di sekolah. Dan hasilnya di desiminasikan kepada rekan guru MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Kubu Raya di Kalimantan Barat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta kegiatan dapat berlanjut disetiap tahunnya.

Semoga  dengan adanya kegiatan ini para guru dapat mengimplentasikan soal-soal AKSI disekolah tempat asalnya.

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top