Penjaringan Data & Informasi Kondisi SMP 2019 – Kab. Grobogan

Data Pokok Pendidikan atau yang biasa disebut DAPODIK merupakan sistem pendataan sekolah berskala nasional. Salah satu acuan Direktorat Pembinaan SMP dalam memberikan bantuan kepada sekolah yang membutuhkan adalah data dari DAPODIK. Kegiatan penjaringan data dan informasi kondisi SMP ini bertujuan untuk memvalidasi data DAPODIK apakah sudah sesuai dengan keadaan di lapangan.

Terdapat 7 sekolah di Kab. Grobogan yang menjadi sasaran Penjaringan Data dan Informasi Kondisi SMP Tahun 2019, yaitu SMPN 6 Satu Atap Geyer, SMP Negeri 2 Gorbogan, SMP Negeri 3  Satu Atap Kedungjati, SMP Negeri 4 Satu Atap Pulokulon, SMP PGRI Tawangharjo, SMP Negeri 3 Tegowanu, dan SMP Negeri Satu Atap Toroh. Sebagian besar data DAPODIK dari sekolah tersebut, sudah sesuai dengan keadaan di lapangan.

Baca Juga  Hari ke 2 (dua) Bimtek Bantuan Operasional SMP Terbuka - Region Surabaya 2019

Namun masih banyak sekolah-sekolah di daerah yang belum aktif mengupdate DAPODIK secara berkala, padahal mengupdate DAPODIK merupakan hal yang sangat penting agar data sekolah bisa masuk ke Program Direktorat Pembinaan SMP. Hal tersebut juga menjadi tantangan untuk Direktorat SMP melalui Dinas Pendidikan untuk terus mengajak sekolah-sekolah agar selalu mengupdate DAPODIK secara berkala.

Penulis : Erwan Nur Arief

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top