Penjaringan Data di Ende

Dilihat: 326

Dalam upaya peningkatan mutu dan peningkatan daya saing secara nasional pada Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Penjaringan Data dan Informasi terkait Kondisi SMP Tahun 2019 sebagai validasi data dan pengumpulan informasi terkait program peningkatan mutu di SMP Negeri maupun Swasta.

Pada tanggal 2 sd 4 Desember 2019, kami melakukan Penjaringan Data di Kab. Ende Prov. Nusa Tenggara Timur dengan mengambil 2 sampling sekolah yakni SMPN Sokoria dan SMP Kristen Ende. Proses penjaringan data ini didasarkan pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang mana data ini dijadikan acuan bagi pemangku kebijakan dalam proses pengambilan keputusan, sehingga data yang ada harus sesuai dengan keadaan sebenarnya di lapangan.

SMPN Sokoria adalah salah satu sekolah Negeri yang terletak di Kec. Maurole, memiliki 14 Ruang kelas yang layak digunakan, Ruang Perpustakaan serta 1 ruang penunjang lainya yang dialih fungsikan menjadi Ruang Laboratorium Komputer. Sekolah dengan jumlah Peserta Didik lebih dari 300 Orang ini telah melakasanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sejak tahun 2018 namun terdapat kekurangan jumlah unit komputer yang menyebabkan sekolah harus meminjam sejumlah komputer dari beberapa sekolah lain di sekitar Maurole.

Baca Juga  Harapan Peserta Rakor - Region Jakarta

SMP Kristen Ende merupakan salah satu SMP Swasta tertua di Ende yang mana berdiri sejak tahun 1987, sekolah yang terletak di Jl. Onekore No. 5 Ende Tengah ini menampung 182 Siswa/I yang terdiri dari 42 orang kelas VII, 76 Orang Kelas VIII dan 64 Orang kelas IX. SMP dengan dasar agama Kristen sebagai pondasi utama dalam pembentukan karakter siswa yang menempuh pendidikan di sekolah ini.

Penulis : Abdiyana Arsyad, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top