Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekolah Secara Daring – Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah)

Jakarta – Rata-rata laporan online penggunaan dana BOS hanya mencapai 40%-60% untuk APBN 2014-2018. Dari tahun ke tahun perkembangan pelaporan dana BOS Online tidak pernah sampai 605 bahkan cenderung menurun. Dikarenakan pelaporannya yang tidak maksimal, efisiensi pemanfaatan dana BOS diragukan oleh Kementerian Keuangan. Bapak Ahmad Mahendra S.Sos selaku Kepala Biro Umum Kemendikbud RI menjelaskan langkah solusinya.

“Untuk mendukung proses pengadaaan barang/jasa dengan Dana BOS Reguler/ Afirmasi dan Kinerja, Kemdikbud telah mengembangkan Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah). Sistem ini dikembangkan untuk menjamin transparasi dan akuntabilitas belanja di sekolah. Selain itu, penggunaan SIPLah akan meningkatkan akses terhadap informasi realisasi penggunaan dana BOS secara real time, dan mendorong pengembangan UMKM di sekitar sekolah.” Ujarnya.

Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) adalah sistem elektronik yang dapat digunakan sekolah untuk melaksanakan proses PBJ secara daring yang dananya bersumber dari Dana BOS. Tujuan SIPLah ini yaitu rekapitulasi realisasi Dana BOS secara real time, mempermudah pelaporan sekolah, meningkatkan tata kelola PBJ Sekolah, kompetisi harga terbaik, meningkatkan peran serta UMKM di sekitar sekolah ke pasar nasional, data transaksi SIPLah sebagai dasar pembuatan paket kebijakan.

Baca Juga  Penutupan Workshop Peningkatan Kapasitas Layanan Dapodikdasmen 2019

Program SIPLah merupakan sebuah langkah maju bagi pemangku kepentingan atau stakeholder sekolah jika diminta untuk mengelola dana BOS terutama tentang pengadaan barang dan jasa. Hal itu harus mengelola dan membelanjakannya secara transparasi, kemudian secara akuntabilitas dalam belanja. Diharapkan setiap pemangku kepentingan atau pihak sekolah agar bertanggung jawab atas apa yang dilakukan agar menumbuhkan rasa kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan.

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top