Rakor & Sosialiasi Program Direktorat Pembinaan SMP 2020, Reg. Surabaya

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Direktorat Pembinaan SMP 2020 pada Region awal Tahap I ini dilaksanakan di Surabaya – Novotel Samator (13-15 November 2019).

Bapak Eko Susanto, M.Si selaku Ketua Panitia Rakor menyampaikan intisari dari kegiatan Rakor tersebut antara lain, “menyeleraskan seluruh Program Kerja yang ada di ruang lingkup Direktorat Pembinaan SMP maupun stakeholder dibawahnya (termasuk Provinsi dan Daerah)”. Salah satu implikasi yang melekat pada Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan realisasi dari peraturan-peraturan perundangan tersebut dapat diukur dari Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/Sederajat pada akhir tahun 2018/2019 mencapai 100,86%. Dengan pencapaian APK di atas, maka orientasi pembinaan pendidikan pada jenjang SMP lebih ditekankan pada peningkatan mutu pendidikan.

Direktur Pembinaan SMP Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA Sebelum Membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Program Direktorat Pembinaan SMP menyampaikan maksud dan tujuan dari pelaksanaan rakor adalah tidak lain untuk “melakukan evaluasi dari kegiatan yang sudah dilaksanakan, apakah kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan program kegiatan yang direncanakan sejak tahun 2018, dan jika ditemukan kendala atau masalah dapat di carikan solusinya sehingga Direktorat Pembinaan SMP segera mungkin dapat mengetahui dan memprediksi kebijakan-kebijakan yang akan ditetapkan dalam program kegiatan tahun mendatang”.

Menyampaikan kebijakan umum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang “Penguatan Pendidikan Karakter dan literasi yang masih menjadi topik utama pendidikan di Indonesia sesuai dengan Nawacita Presiden RI yaitu “revolusi Mental dan Penanaman Nilai Karakter tetap di pertahankan.”

Baca Juga  Materi Vloging dari Yosi (Project Pop)

Menyiapkan Generasi Muda yang Cerdas dan Berkarakter guna menghadapi perkembangan revolusi Industri dari 1.0 menjadi 4.0 yang tidak dapat diketahui dan diprediksi kecepatannya, sehingga Direktorat Pembinaan SMP sangat berharap agar para peserta yang hadir dalam rapat koordinasi dan sosialisasi program mempunyai komitmen yang sama untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Rakor dan Sosialisasi Program Direktorat Pembinaan SMP 2020 ini adalah sebagai berikut :

  1. Menkoordinasikan Program TA 2020 yang ada di Direktorat Pembinaan SMP
  2. Mengevaluasi Program BOS dan DAK Tahun 2019
  3. Mensosialisasikan Program BOS dan DAK Tahun 2020
  4. Mensosialisasikan Program Digitalisasi Sekolah
  5. Mensosialisasikan Program lomba-lomba, PIP, Zonasi Peningkatan Mutu SMP, dan UKS tahun 2020
  6. Menkoordinasikan BAST Aset ( Berita Acara Serah Terima Aset)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top