Pembukaan Rakor Program Region V – 2019

Rapat Koordinasi dan Sosialisai Program Direktorat Pembinaan SMP Region V Tahun 2019 kali ini dilaksanakan di Atria Gading Serpong – BSD Tangerang. Jumlah peserta yang mengahadiri pelaksanaan Rakor Program Direktorat Pembinaan SMP tersebut berjumlah 232 peserta terdiri dari 10 Provinsi bagian wilayah Region V, antara lain : Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Papua dan Papua Barat.

Pembukaan Rakor Direktorat Pembinaan SMP Region V tahun 2019 diawali dengan laporan panitia yang diwakili oleh Bapak Eko Susanto,SE, M.Si, selaku Kasubdit Program dan Evaluasi-Direktorat Pembinaan SMP, Beliau menyampaikan beberapa program yang akan disosialisasikan yaitu: Lomba-Lomba, Mutu, Sarana dan Prasarana, dan juga Kurikulum Pendidikan SMP 2019 yang ada di seluruh daerah Indonesia.

Pembukaan Resmi ini dibuka oleh Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA, selaku Direktur Pembinaan SMP, Beliau menyampaikan mengenai masalah peningkatan mutu sekolah diberbagai provinsi di seluruh Indonesia, dan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru & siswa. Selain itu Beliau juga membahas mengenai adanya penetapan zonasi sekolah dan ditiadakanya labelling sekolah favorit yang bertujuan untuk memberikan akses kepada siswa untuk mendapatkan sekolah.

Baca Juga  Sungkeman & Halal Bihalal

Meningkatkan kemampuan literasi siswa bukan hanya membaca tapi mampu menganalisis makna, kemudian literasi bahasa dan angka, literasi pengetahuan alam ,agar mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, literasi digital, literasi finansial, agar siswa mampu belajar dan menghitung bagaimana cara mengatur uang dengan baik. Selanjutnya, mengenai pemuatan pendidikan karakter yang diberikan oleh guru kepada siswa diharapkan mampu di implementasikan dan guru harus mampu menjadi contoh baik bagi siswanya.

Penulis : Adinda Ayu Fatimah & Shesvika Putri Anjani
Foto : Arraafi, S.Kom & Robitul Ulum, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top