Pembukaan OPSI SMP Tahun 2019

Dilihat: 2021

Jakarta – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2019 telah dibuka oleh Dra. Poppy Dewi Puspitawati, MA selaku direktur Direktorat Pembinaan SMP di Kelapa gading, Jakarta.

Beliau menuturkan “Dengan adanya kegiatan OPSI dapat memberikan inspirasi bagi sekitar 10 (sepuluh) juta siswa SMP yang berada di seluruh Indonesia. Bila hari ini ada sekitar 102 peserta yang hadir dan dapat mengimbaskan, serta dapat memotivasi, menginspirasi disetiap provinsi, setiap kabupaten/ kota untuk melakukan hal yang sekarang ini. Insha Allah kedepannya kita akan siap menyongsong Indonesia emas dan mempertahankannya. Melalui kegitan ini, siswa dapat mengembangkan penelitiannya serta meneliti berbagai hal dan akan bermanfaat serta berguna bagi pendidikan, pengetahuan, sosial dan lingkungan di Indonesia”.

Kegiatan OPSI SMP Tahun 2019 dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya identik dengan kegiatan tertutup, maka tahun ini konsep kegiatannya “Terbuka” Tujuan kegitan dilaksanakan secara Terbuka supaya siswa dapat berbagi pengalaman kepada siswa lainnya diberbagai provinsi.

Tema “Generasi Peneliti Menuju Indonesia Emas” mudah-mudahan dengan berjalannya kegiatan ini dapat dijadikan contoh bagi siswa-siswa SMP lainnya. Tentu saja, menjadi kebanggaan bagi kami menitipkan masa depan pada generasi muda saat ini.

Baru saja kemarin memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019. Beliau, mengulangi tiga poin Pidato Mas Menteri Nadiem Makarim.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu menutup pintu pertualangan.

Anda frustasi karena anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi aakan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

Anda ingin setiap murid terinsprirasi, tetapi anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

“Apa yang telah disampaikan oleh Mas Menteri ini berkaitan sekali dengan kegiatan kita hari ini bahwa dalam melakukan penelitian, siswa harus melakkukan pertualangan. Harus berani berinovasi, berani berekplor, berani melakukan pertualangan. Bahwa riset tanpa melakukan pertualangan itu akan sebatas hal yang sempit saja. Dan bila kamu berani melakukan penelitian, sebesar apapun kamu melakukannya tentu itu merupakan cikal bakal bahwa siswa berani melakukan pertualangan, berani berinovasi serta berkreatifitas” tambah Direktur Pembinaan SMP.

Baca Juga  Registrasi & Pembukaan Rakor 2019 - Oasis Amir

Mudah-mudahan kita dapat memanfaatkan teknologi untuk hal yang positif. Kesempatan kali ini, tidak sekedar ajang lomba tapi juga memberi ruang komunikasi antar peserta didik. Ruang tegur sapa dan silaturahmi budaya. Dari sini pula, komunikasi budaya dari sabang hingga Merauke akan lahir dan kokoh. Di tengah tantangan kebhinekaan, ruang silaahturahmi ini akan berguna. Oleh karena itu, gunakan ruang silaturahim ini semaksimal mungkin, untuk saling kenal-mengenal, saling sapa, dan saling menukar gagasan, karya dan budaya.

Akhirnya, saya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta OPSI SMP Tahun 2019 yang telah lolos final OPSI. Kalian semua adalah juara. Karya kalian yang tertulis akan berarti, serta bermanfaat. Atas dedikasi peserta untuk terus menekuni dunia riset, saya akan mengapresiasikan peserta dengan memberikan beasiswa bakat sebesar 3 juta rupiah. Beasiswa tersebut adalah upaya Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud untuk mendukung peserta didik berkarya, berinovasi dan berkarakter.

Foto Pembukaan OPSI SMP Tahun 2019 lebih lengkap silahkan lihat di menu Galeri – Foto

Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top