Pembukaan Bimtek Bantuan Operasional SMP Terbuka – Region Surabaya 2019

Surabaya – Bimbingan Teknis Bantuan Operasional SMP Terbuka untuk Region Surabaya 2019 ini dilaksanakan di Novotel Samator Surabaya pada tanggal 3 s.d 5 September 2019. Pada Bimtek ini peserta yang diundang antara lain dari Provinsi Bali, Gorontalo, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara dengan jumlah total peserta kurang lebih 81 orang.

Sambutan Panitia Bimtek Operasional SMP Terbuka ini langsung disampaikan oleh Bp. Imam Pranata, SS (Kepala Seksi Program & Perencanaan) dan dibuka secara resmi oleh Bp. Eko Susanto, M.Si (Kasubdit Program & Evaluasi).

Pada kesempatan ini Bp. Eko Susanto, M.Si memberikan 3 point utama terkait dengan Program yang ada di Direktorat Pembinaan SMP tahun 2020.

1. Data
Berkaitan dengan pendataan, updating Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dimana inti utama tentang updating Dapodik ini yaitu; Siswa, Saran dan Tenaga Kependidikan. PIP kelas 7 paling Akhir September, mohon segera dilakukan updating Dapodik.

Baca Juga  Perpustakaan Keliling Untuk Anak Bangsa

2. Kebijakan kedepan yang dilakukan Direktorat : 2019 – 2024 untuk sebagian besar Sarpras ada sebagian besar sudah dipindah di DAK. Untuk Rehab yang sifatnya tidak berat tetap di akumulasi oleh Direktorat Pembinaan SMP, USB dan Renovasi dan Lab Komputer. Sementara untuk Rehab Total kebijakan ada di PUPR tetap bertolok ukur pada Dapodik.

DAK polanya melalui Bantuan Pemerintah, PUPR melalui pengadaan tetapi melibatkan Sekolah. Apabila ada bantuan yang diterima mohon sekiranya pihak sekolah memahami dan mencermati dengan teliti bantuan tersebut.

3. Bagaimana kita harus meningkatkan kualitas mutu sekolah
basis yang kita gunakan adalah dengan pola zonasi dimana kurang lebih 4600 titik zonasi untuk jenjang SMP. Direktorat Pembinaan SMP sudah menganalisis berdasarkan data yang sudah masuk ke Direktorat Pembinaan SMP. Data tersebut antara lain : Data PMP, Data UN, Data Uji Kompetensi Guru, dan Data Akreditasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top