Pembukaan Bimtek SMP Terbuka 2019 – Region Jakarta

Jakarta –  Sebanyak 110 peserta mengikuti Bimtek Bantuan Operasional dan Bantuan Pendidikan Keterampilan SMP Terbuka 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama dari tanggal 10-12 September 2019 di Hotel Arosa, Jakarta Selatan.

Berbeda dari Bimtek sebelumnya, kali ini tidak hanya diikuti oleh Kepala Sekolah / Guru Pamong namun turut diundang pula Guru Bina Keterampilan SMP Terbuka yang berasal dari Provinsi Banten, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Riau, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Tujuan diadakannya Bimbingan Teknis adalah untuk membekali peserta dalam mengelola bantuan pendidikan keterampilan di lingkungan sekolah yang dipilihnya dengan baik, transparan serta dapat dipertanggungjawabkan sehingga mampu mengembangkan kompetensi pribadinya yang sesuai dengan konsep Life Skills ( Kecakapan Hidup).

Pembukaan acara diawali dengan pemberian laporan panitia oleh Bapak Eko Susanto, SE.,M,Si selaku Kasubdit Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan SMP dan dibuka secara resmi oleh Ibu Dr. Poppy Dewi Puspitawati, M.A, – Direktur Pembinaan SMP. Beliau menyampaikan bahwa “Apa yang diperoleh disini, keterampilan juga harus disesuaikan dengan budaya lokal sehingga pembelajaran keterampilan yang diperoleh betul betul bermanfaat karena kita ingin siswa-siswi kita juga memiliki pemikiran untuk menjadi entrepreneur tidak bisa menjadi pengusaha dan lain sebagainya, walaupun mungkin karena masih SMP paling tidak, ada keahlian yang bisa menjadi bekal bagi peserta didik dikemudian hari.”

Harapan dari bimtek ini yaitu dengan pemberian dana bantuan operasional, SMP Terbuka dapat memberikan pendidikan keterampilan pra-vokasional yang sesuai dengan konsep Life Skills (Kecakapan Hidup) untuk membekali peserta didik dalam menghadapi kehidupan di masyarakat.

Baca Juga  Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI)

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top