Pembukaan Bimtek Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) 2019 – Ciledug

Jakarta – Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) 2019 di Hotel Horison Ciledug, Tangerang, yang berlangsung tanggal 22 -26 Oktober 2019.

AKSI merupakan bentuk penilaian eksternal  yang terstandar dan didesain untuk mengukur literasi, numerasi, literai sains dari siswa dengan kompetensi abad 21. AKSI merupakan survey yang menaungi kegiatan pemantauan mutu pendidikan secara nasional yang bertujuan untuk memperoleh data serta bukti-bukti yang valid tentang pencapaian kompetensi siswa serta faktor-faktor yang berperan dalam pencapaian tersebut. Data serta bukti tersebut diharapkan menjadi dasar dalam penyusunan kebijakan dan program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara khusus dan mutu Pendidikan secara umum.

Melalui Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) tingkat SMP bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun stimulus dan mengembangkan level kognitif yang berbeda.

Pembukaan oleh ibu Dra. Poppy Dewi Puspitawati, MA selaku Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. “Kita masih memiliki tugas besar dalam pencapaian mutu Pendidikan. Melalui Bimbingan Teknis ini diharapkan para guru dapat mengaplikasikan, dapat mengadaptasikan, dapat disesuaikan dengan budaya masiing-masing serta dapat menyebarkan pengalaman pengetahuan pada seluruh guru. Selain itu harapannya untuk melihat keberhasilan kemampuan siswa agar mengetahui hasil pembelajaran atau treatmen yang diberikan oleh guru sebagai proses pembelajaran nilai kemampuan siswa, para guru dapat mengikuti serta mengembangkan soal AKSI. Rendahnya Mutu Pendidikan ini dapat terlihat dari berbagai indikator  mikro, seperti hasil study Trends International Mathematic and Science Study (TIMSS) juga Programme for International Student  Assessment (PSIA). Kedepannya para guru akan memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan yang memadai dalam mengembangkan menyusun perangkat instrument Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca Juga  Alat Musik Botol Proyek Pembelajaran Inovatif IPA

Berdasar pada keadaan tersebut, Direktorat Pembinaan SMP melalui kegiatan Penilaian dan Pembinaan SMP Satu Atap pada tahun anggaran 2019 akan melakukan Bimbingan Teknis Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) bagi guru 3 (tiga) mata pelajaran meliputi; Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia didalam mengembangkan dan menyusun Perangkat Instrumen Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) tingkat SMP.

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top