Pembelajaran Inovatif Prakarya untuk Berekspresi Kreatif

Tangerang – Drs. Martono, M.Pd,dari Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu narasumber mata pelajaran Prakarya pada Pelatihan Bimbingan Teknis Pembelajaran Inovatif Region Banten 1 di Hotel Horison Ciledug. Pembelajaran Inovatif pada mata pelajaran Prakarya sangat diperlukan karena dalam prakarya harus menciptakan sesuatu yang baru agar peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya dan menciptakan karya baru yang berbasis estetis dan artistik.

“Saya disini bersama tim harus memberikan trik-trik pemahaman mulai dari konseptual prosedur sampai produk-produk yang berkaitan dengan prakarya dan design/ide baru yang match dengan konteks anak dan konteks sosial budaya di sekitar peserta didik sehingga tidak hanya sekedar inovasi baru tetapi hal tersebut bisa dipraktikkan pada sekolahnya masing-masing.” Ujarnya

“Selain konsep PjBL (Project Based Learning) kami juga mengembangkan konteks yang ada misalnya tren masalah sampah bagaimana mengembangkan sampah itu menjadi sesuatu yang bermakna kemudian dari sumber daya alam yang ada seperti batang  pisang yang kering, ranting pohon dijadikan sebagai bahan baku prakarya yang mana demikian itu tidak pernah dilirik oleh anak anak didik kita karena gurunya tidak menyadari bahwa hal seperti itu ternyata bisa untuk dijadikan suatu karya.” Imbuhnya.

Baca Juga  Perjalanan Etmun Dalam Menghadapi OSN Tingkat SMP 2019

Ada hal –hal baru dan unsur bermain yang dimasukkan pada pembelajaran Prakarya ini karena kegiatan ini dilakukan pada lingkup anak SMP sehingga pada penerapannya anak-anak tidak merasa terbebani justru merasa senang.

Kendala yang dihadapinya yaitu hampir semua guru Prakarya yang ikut pelatihan disini bukan berlatar belakang pendidikan prakarya atau seni sehingga sebagai pelatih harus lebih ekstra untuk memotivasi mereka untuk menggali kreativitasnya. Beliau juga berpesan untuk selalu belajar dan terus belajar jika ingin maju dan pembelajarkanlah pengetahuan dan keterampilan bapak ibu guru yang sudah diperoleh untuk anak didik kita .

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top