Pembelajaran berbasis projek kewarganegaraan (Project Citizen)

Merupakan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dirancang untuk para peserta didik guna memperkenalkan masalah-masalah kewarganegaraan beserta penyelesaiannya. Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan demokrasi, menjadikan siswa belajar tentang peran dan tanggung jawabnya sebagai warga negara dalam proses perencanaan dan implementasi penyelesaian masalah kewarganegaraan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pembelajaran berbasis projek (project based learning) dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikemas dalam bentuk Pembelajaran berbasis Projek Kewarganegaraan.

Pentingnya Pembelajaran Berbasis Projek Kewarganegaraan

Pembelajaran berbasis projek kewarganegaraan mendorong peserta didik memahami fungsi lembaga publik dan kemampuan berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah-masalah kewarganegaraan yang ada di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga  Gebyar Pendidikan & Kebudayaan 2019

Mengapa Projek Kewarganegaraan Penting dalam Pembelajaran PPKn?

Sebagai bentuk pembelajaran aktif dan suatu peluang bagi para siswa untuk bertanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri. Membantu para siswa untuk mengembangkan kecakapan-kecakapan kewarganegaraan, termasuk dalam hal riset (meneliti), analisis, interpretasi, dan presentasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top