Pemaparan Kebijakan dan Program Direktorat Pembinaan SMP

Pada pleno 1, Kasubdit Program dan Evaluasi – Bp. Eko Susanto, M.Si memberikan paparan mengenai Kebijakan dan Program Direktorat Pembinaan SMP, ada 5 (lima) point penting utama yang diangkat dalam pemaparan tersebut yaitu: Perkembangan APK dan APM dari tahun ke tahun, Peta Mutu Pendidikan SMP (Rata capaian mutu untuk Provinsi, Zonasi tahap pengembangan dan pengelolaan Zona) Tahap Klasifikasi, Tahap Peningkatan Kapasitass dan Tahap Pemantauan, Anggaran Pendidikan Kemendikbud dan yang terakhir Program SMP Terbuka dan CLC.

Dalam diskusi Pleno 1 tersebut mendapatkan reaksi antusias dari peserta Rakor Program Direktorat Pembinaan SMP, Drs. Iriyanto Siregar, M.Pd (LPMP Sumatera Utara) memberikan beberapa pertanyaan antara lain;
E-Rapor
Berdasarkan fakta dilapangan instrumen dilapangan banyak sedangkan bahasa tersebut dalam instrumen kurang di mudah dipahami, sedangkan untuk nilai standar SKL, ISI, Penilaian, Raport Mutu diatas 5 tetapi fakta dilapangan SKL, ISI dll tidak bisa menjawab, adapun usulan beliau antara lain; instrumen lebih baik disederhanakan bisa disesuaikan dengan indikator mutu, BAN banyak yang akreditasi A, tetapi rapor mutu yang berhak menjadikan sekolah Akreditasi A berdasarkan titik ukur Instrumen Akreditasi dan Mutu Sama

Baca Juga  Ungkapan Para Peserta Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia 2019

Kasubdit Program dan Evaluasi memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Bp. Drs. Iriyanto Siregar,M.Pd (LPMP Sumatera Utara), yang pertama Instrumennya seperti apa dan untuk Rapor Mutu belum pernah digunakan sebagai bahan untuk analisis kebijakan Program, Rapor Mutu sepenuhnya diserahkan ke Direktorat Pembinaan SMP. Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) koordinasi lebih lanjut menanyakan mekanisme selanjutnya mengenai Rapor Mutu terkait masalah yang dihadapi di lapangan, Direktorat Pembinaan SMP sebagai pengguna dari Rapor Mutu tersebut. 3700 sekolah yang mengisi quesioner tidak ada satu sekolah yang Rapor Mutunya memenuhi SNP (Standar Nasional Pendidikan).

Diantara beberapa pertanyaan diatas, ada beberapa pertanyaan lain yang diajukan oleh peserta Rakor antara lain mengenai edaran dana BOS, Sertifikat USB sampai dengan UKS (Unit Kesehata Sekolah). Berdasarkan hasil pemaparan tersebut hampir keseluruhan peserta Rakor Program Direktorat Pembinaan SMP mendapatkan tambahan wawasan baru dan lebih mendalam mengenai beberapa Program Penting Direktorat Pembinaan SMP tahun 2019.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top