Pelatihan dan Ujicoba Aplikasi Penyusunan RKAS Region 3

Makassar (07/08/2019), bertempat di Hotel Gammara, Kegiatan Evaluasi, Subdit Program dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan SMP kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan ujicoba aplikasi penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan pelatihan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Region 3 (Makassar).

Peserta bimtek yang hadir yakni kepala sekolah, bendahara/operator yang berasal dari 98 SMP yang menjadi wakil dari kabupaten/kota di Provinsi Maluku, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Selatan.

Kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Direktur Pembinaan SMP, Ibu Poppy Dewi Puspitawati, dengan didampingi oleh Kasubdit Program dan Evaluasi, Bapak Eko Susanto. Ibu Poppy menyampaikan mengenai kebijakan pengembangan dan pengelolaan sekolah di lingkungan Direktorat Pembinaan SMP.

Penyusunan RKAS ini bertujuan agar sekolah dapat mengelola dana sekolah (terutama dana BOS) dengan baik. Pengelolaan dana yang baik tidak terlepas dari prinsip ekonomis, efisiensi, efektifitas, transparansi, akuntabilitas, keadilan, kejujuran dalam pengelolaan dan pengendalian.

Baca Juga  Bertarung Dengan Logika Dalam OSN Tingkat SMP Tahun 2019

Aplikasi RKAS ini salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMP dalam rangka memberikan kemudahan bagi sekolah dalam pengelolaan dana BOS, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan. Hal ini untuk memastikan bahwa pengelola sekolah lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan administrasi keuangan dana BOS.

Semoga setelah selesainya kegiatan pelatihan ini para peserta yakni kepala sekolah dan bendahara/operator atau yang mewakili kegiatan mendapatkan pengetahuan mengenai; Kebijakan BOS; aplikasi e-Rapor dan aplikasi RKAS.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top