Pelaksanaan OSN 2019 SMP Bidang Matematika di SMPN 8 Yogyakarta

Yogyakarta- Pelaksanaan tes Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 tingkat SMP dalam bidang matematika dimulai dari tanggal 2-3 Juli 2019 bertempat di SMPN 8 Yogyakarta. Pelaksanaan tes OSN dalam bidang matematika ditempatkan di lokasi yang berbeda dengan bidang IPA dan IPS yaitu di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

SMPN 8 Yogyakarta dipercaya menjadi salah satu tempat yang dipilih dalam pelaksanaan tes OSN 2019 bidang matematika karena lingkungan yang asri, atap bangunannya tinggi, menjadikan suasananya lebih mendukung para peserta untuk tetap fokus dan nyaman dalam pengerjaan soal hitungan.

Selain itu, alasan bidang matematika tidak dijadikan dalam satu lokasi dengan bidang IPA & IPS dikarenakan “Karakter matematika itu membutuhkan meja sekolah yang lebih lebar daripada meja perkuliahan yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)”. Ujar Pak Muh. Fajar Safa’atullah, S.Si, M.Si sebagai salah satu koordinator juri OSN 2019 tingkat SMP bidang studi matematika.

Baca Juga  Makna Upacara Kemerdekaan di Pandangan Sekjen Kemendikbud RI

Tes Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 di mulai dari pukul 08.00 – 11.00 WIB. Sejumlah 135 peserta yang mengikuti OSN 2019 tingkat SMP dalam bidang matematika dan 1 peserta dinyatakan tidak hadir. Peserta terbagi menjadi 8 ruangan setiap ruangan berisikan 17 orang.

Sebelum memasuki ruangan, peserta dihimbau mengerjakan soal-soalnya dengan tenang karena 1 soal diberikan waktu 30 menit dan durasi tesnya selama 150 menit . Setiap sesi ditandai dengan bunyi bel. Bel pertama peserta OSN masuk ke kelasnya masing-masing yang telah di tentukan. Bel kedua menandakan peserta boleh memulai pekerjaan. Selama proses pengerjaan bel kembali dibunyikan menandakan waktu tinggal 10 menit lagi dan bel terakhir waktu tes telah selesai.

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top