Pameran Gelar Karya Film Pelajar

Jakarta – Demi keberlangsungan industri film dimasa depan, serta melihat potensi generasi muda terhadap kemajuan perfilman nasional. Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan tema “Semangat Kebhinekaan Generasi Milenial” dan mengajak generasi milenial, memeriahkan hari sumpah pemuda, menjunjung tinggi keberagaman dan rasa cinta tanah air melalui kegiatan pembuatan film.

Gelar Karya Film Pelajar merupakan suatu kreativitas dan pencarian bakat baru di industri film yang diikuti dari SMA/SMK/ sederajat. Ada dua kategori film yaitu film pendek dokumenter dan film fiksi.

Salah satu film yang ditampilkan yaitu film Among, Ki Hajar Dewantara garapan sutradara Moch Fikri S.Sn dari Pustekom Kemendikbud. Terdapat filosofi Ki Hajar Dewantara penting untuk dilakukan, peran guru yang bisa mengayomi anak muridnya. “Dengan menghadirkan figure yang dapat dicontohkan dari film nasional supaya memberikan informasi dan menstimulasi anak-anak di era globalisasi. Mudah-mudahan dengan adanya pameran ini dapat lahir tokoh-tokoh yang bisa menginspirasi, yang dapat menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan.” kata Moch Fikri. Di halaman Gedung A Kemendikbud.

Baca Juga  SMP Terbuka 11 Tasikmalaya

“Kenalilah bangsamu, Berkunjunglah ketempat bersejarah seperti museum,  cagar budaya, dll. Cobalah menggali sejarah, buatlah vlog untuk mempromosikan kultur budaya agar bangsa lain melihat apa yang kita miliki. Jangan bangsa lain yang membuat, kita yang menelan. Artinya kita yang membuat, bangsa lain bisa mempelajari budaya kita” ujar Fikri.

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top