Optimalisasi Pendidikan Keterampilan Sesuai dengan Konsep Life Skills

Jakarta – Berbicara tentang keterampilan  akan selalu dikaitkan dengan skill apa saja yang dimiliki oleh peserta didik khususnya bagi siswa SMP Terbuka dan harus diapakan kedepannya. Life Skills (Kecakapan Hidup) memiliki peran penting dalam rangka membekali peserta didik agar dapat hidup secara mandiri. Harapannya siswa dari Sekolah Terbuka tetap bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sampai ke perguruan tinggi, namun hal itu bergantung pada kondisi sosial ekonominya.

Permasalahan saat ini, sebagian besar lulusan tingkat sekolah maupun dari perguruan tinggi, sudah terpatri setelah lulus itu mencari kerja bukan menciptakan lapangan kerja. Permasalahan kedua biasanya faktor kultur orang tua yang lebih bangga pada anaknya jika sudah lulus sekolah/kuliah bisa jadi PNS atau Pegawai Swasta ternama. Tapi tidak pernah dari kecil anaknya itu di doktrin untuk mandiri, harus punya keahlian & keterampilan dan harus kreatif sehingga ketika dewasa memiliki jiwa entrepreneur.

Lalu bagaimana masalah ini dipecahkan? Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki kompetensi yang dipersyaratkan, memiliki pengetahuan keterampilan, dan sikap/ kepribadian professional ,disinilah peran Guru Bina Keterampilan dalam memberi arahan dan kemampuan dalam keterampilan yang dipilih.

“Pemasaran hasil keterampilan jangan hanya di internal sekolah saja, karena sekarang zamannya sudah online, kembangkan produk yang sedang tren, produknya pun harus punya daya saing dan jual yang tinggi, agar tidak hanya menjadi pajangan di sekolah, selain itu lebih bagus mempunyai ciri khas yang unik untuk menambah daya tarik, ajak siswa untuk melihat-lihat pameran kesenian, buka wawasan peserta didik dapat dengan cara membeli majalah keterampilan dan lain sebagainya.” Penjelasan dari Ibu Cholilawati, M.Pd sebagai Narasumber Bimtek pada sesi Motivasi Guru Keterampilan SMP Terbuka.

Baca Juga  Budaya Sebagai Pendidikan bagi Peserta OSN Tahun 2019

Adanya pelatihan pendidikan keterampilan pra-vokasional di SMP Terbuka memberi peluang untuk mengetahui minat bakat peserta didik  serta memberi kesempatan berkembangnya potensi anak dalam menerapkan keterampilan yang diperolehnya dalam kehidupan di masyarakat. Hal ini sangat berguna bagi peserta didik bila harus terjun langsung ke dunia usaha karena siswa memiliki pengalaman belajar, dan  dapat menguasai kompetensi produktif secara professional.

Penulis : Zia Zelina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top