Monitoring & Evaluasi Program TOT e-Rapor SMP 2019 – Tidore

Direktorat Pembinaan SMP telah melakukan ToT (Tranning of Trainer) sebagai pendukung untuk Aplikasi E-Rapor. Dengan adanya ToT Aplikasi E-Rapor SMP, diharapkan tersedianya tenaga bantuan pendukung di wilayah Kabupaten. Untuk mengetahui hasil dari ToT tersebut, diadakan kegiatan monitoring dan evaluasi.

Petugas monitoring dan evaluasi di sebar ke sejumlah Kabupaten/Kota sesuai dengan peserta ToT yang hadir. Diberikan kuesioner untuk mengetahui kegiatan pengimbasan yang telah dilakukan. Instrumen kuesioner diberikan kepada sekolah, Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, dan Sekolah imbas. Diharapkan adanya gambaran yang utuh mengenai program pengimbasan dan dukungan dari seluruh stake holder yang ada.

Baca Juga  Galeri Foto OSN Nasional Tingkat SMP 2019

Salah satu sample yang telah dikunjungi adalah SMPN 1 Tidore Kepulauan. Ditemukan peserta yang sudah mengikuti kegiatan ToT sebelumnya telah melakukan pengimbasan ke beberapa sekolah sekitar, salah satunya yaitu SMPN 6 Tidore Kepulauan. Selain itu, pernah di adakannya sosialisasi E-Rapor pada kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) untuk seluruh Kabupaten Tidore Kepulauan. Struktural dinas juga mendukung penggunaan E-Rapor SMP secara massif, agar proses penilaian sekolah dapat di pantau dengan baik oleh dinas pendidikan.

Penulis : Dody Bayu AP

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top