Meredupnya Eksistensi SMP Terbuka di Pulau Terselatan Indonesia

SMPT 1 Rote Barat Daya adalah SMP Terbuka yang Terletak Di Desa Batu Tua, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Akses Menuju Sekolah ini dari Kota Kupang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur Bisa menggunakan Transportasi Laut dan Udara kemudian dilanjutkan menggunakan Transportasi darat.

Selasa, 25 Maret 2019 di Punggung “Mitsubishi Kuda” Milik Dinas Pendidikan Kab. Rote Ndao, melaju pelan dijalan beraspal yang penuh gelombang dan berlubang menuju Lokasi SMP Terbuka di ujung Pulau terselatan di Indonesia ini, kiri kanan jalan terhampar padang rumput, sesekali terlihat hewan ternak serta pemukiman warga yang berdiri berjarak kurang berarturan, kurang lebih 1 jam dari bandara D.C Saundale Kami tiba di SMPT 1 Rote Barat Daya, Kepala Sekolah memakaikan Ti’i Langga “Topi kebesaran” masyarakat Rote serta mengalungkan Syal Tenun Motif khas rote.

SMP Terbuka 1 Rote Barat Daya yang berdiri Tahun 1998 ini merupakan alternative warga Dolasi, Lalukoen, Lekik, Mbokak, Meoain, Oebafok, Oebatu, Oebou, Oehandi, Oelasin, Oeseli dan Oetefu yang pada saat itu karena tidak ada SMP Negeri maupun swasta di daerah mereka. Sehingga dengan kehadiran SMPT ini yang membuka TKB di daerah-daerah tersebut sangat membantu anak-anak yang lulus SD dan ingin melanjutkan Pendidikan ke SMP namun terkendala jarak yang jauh serta faktor ekonomi keluarga yang rendah. Namun dengan berjalanya waktu serta program Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) dan Satu Atap (SATAP) yang gencar di daerah daerah yang minim tersentuh akses Pendidikan memberikan dampak yang signifikan bagi eksistensi SMP Terbuka ini, perlahan tapi pasti SMPT ini kehilangan peminat karena anak-anak yang lulus SD lebih memilih sekolah di SMP Regular dibandingkan SMP Terbuka.

SMPT 1 Rote Barat daya sejak Tahun 2012 hanya melaksanakan TKB di sekolah induknya ini mengajarkan Keterampilan Tata Boga terhadap para Siswanya akan berhenti beroperasi tahun ini. Karena sejak tahun 2018 sudah tidak ada Siswa yang mendaftar dan pada akhirnya SMPT 1 Rote Barat Daya hanya akan menjadi sejarah Pendidikan di Pulau Berpenghuni Terselatan Indonesia.

Baca Juga  Registrasi & Pembukaan Rakor 2019 - Oasis Amir

Penulis & Foto : Abdiyana Arshad, S.Kom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top