Meningkatkan Literasi Tidak hanya didapatkan dari Buku Pelajaran Sekolah

Jakarta  –  Naiza Azahra Putri Pelajar dari SMPN 54 Palembang mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang membaca buku novel, karena dengan membaca novel ia dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan dapat mengeksplor bakatnya dibidang literasi menulis. Pada era milenial ini tak jarang banyak penulis yang menyisipkan nilai-nilai pengetahuan dalam bentuk novel agar lebih menarik dibaca, seperti : novel sejarah, novel pengetahuan alam, novel tentang pengetahuan sosial, dan novel tentang pendidikan moral agama.

“aku suka membaca, karena dengan membaca aku bisa menambah ilmu dan mengasah kemampuan menulisku.” Ungkap Naiza dalam pernyataannya.

Baca Juga  Engkong Eddy Pahlawan Pendidikan Anak Jalanan

Pada saat ini Bangsa Indonesia sangat mengalami keterbelakangan dalam hal literasi dikarenakan banyak pemikiran yang masih sangat begitu kolot dan hanya menganggap bahwa literasi hanya bisa didapat melalui buku bacaan pelajaran di sekolah saja, padahal banyak sekali pengetahuan yang bisa diambil dari buku-buku di luar buku sekolah.

Diharapkan untuk para pengemban pendidikan agar lebih kreatif lagi dalam memberikan penekanan literasi pada siswa agar pengetahuan siswa tidak menjadi monoton sebatas teks yang dibaca, akan tetapi mampu memahami segala rinci mengenai apa yang dibacanya.

Penulis : Shesvika Putri Anjani

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top