Mengenal lebih dekat SMP Terbuka 1 Maniis

SMP Terbuka 1 Maniis berdiri sejak tahun 2013. Sekolah terbuka ini menginduk kepada SMPN 1 Maniis yang beralamat Jl Raya Palumbon No. 23 kecamatan Maniis dan di pimpin oleh Bapak Cucu Agus Hidayat, M.Pd.

Kegiatan pembelajaran yang diterapkan di SMP Terbuka ini melibatkan sejumlah guru pamong dan guru bina. Guru bina yang terlibat berjumlah 9 orang, terdiri dari 2 orang PNS dan 7 orang honorer. Sedangkan guru pamongnya terdiri dari 2 orang relawan warga setempat yang peduli terhadap pendidikan bagi masyarakat yang kurang mampu serta 1 orang PNS.

Pembelajaran siswa dilaksanakan selama lima hari. Satu hari (hari Kamis) dilaksanakan pembelajaran di sekolah induk dan empat hari lainnnya dilaksanakan di Tempat Kegiatan Belajar (TKB). Pelaksanakan pembelajaran di TKB dilaksanakan pada siang hari mengingat TKB tersebut adalah bangunan SDN yang digunakan oleh siswa SD untuk pembelajaran regular. Terdapat 3 TKB yaitu TKB Ciramahilir, TKB Pasir Wetan dan TKB Pasir Jambu Seluruhnya menggunakan bangunan pemerintah yaitu SDN.

Baca Juga  Games dan Materi Narkotika

Pada tahun 2015 Sekolah terbuka ini mendapatkan bantuan pendidikan keterampilan yang mengembangkan keterampilan menjahit. Menggunakan dana bantuan tahun 2015, sekolah membeli mesin jahit dan bahan bakunya. Kegiatan pendidikan keterampilan pada tahun 2015 ini telah dilaksanakan dan sudah menghasilkan produk hanya saja belum berhasil di jual dan dipamerkan.

Siswa aktif yang tercatat di SMP terbuka ini berjumlah 31 orang yang tersebar dalam tiga kelas, diantaranya 1 orang siswa kelas VII, 22 orang siswa kelas VIII, dan 8 orang siswa kelas IX. Tren jumlah siswa di SMP terbuka ini cenderung naik turun dan pengelola bertekad untuk terus mempertahankan keberadaan dan keberlangsungan SMP Terbuka ini untuk memfasilitasi siswa dari kalangan masyarakat kurang mampu.

Penulis : Fauzi Nur Hidayat, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top