Meneliti itu Seru

Jakarta – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2019. Setelah peserta melakukan presentasi, adapun tanggapan peserta kegiatan OPSI

Claudya Theresia Dai Songar selaku peserta OPSI dari SMP YPPK Sentani Jayapura, Papua menuturkan “Awalnya saya penasaran untuk meneliti, karena itu saya mencoba ikut. Tidak perlu susah-susah mencari tema penelitian, dengan hanya melihat lingkungan sekitar itu bisa dijadikan pembelajaran besar untuk kita. Meneliti itu seru, banyak yang bisa kita dapatkan tidak hanya untuk diri sendiri namun dapat dibagikan untuk masyarakat luas. Dari meneliti saya belajar banyak mulai dari menyusun naskah, berbaur dengan responden, serta belajar menyusun data dengan narasi. Untuk peserta selanjutnya semangat, karena peneliti itu seru! Semoga dengan mengikuti penelitian ini kita sebagai generasi muda lebih semangat untuk meneliti kembali kedepannya. Walaupun kita masih muda, kita juga memiliki pemikiran yang penuh dengan inovasi”.

Serta Wouter Fangohoy. K, S.Pd selaku guru pembimbing dari SMP YPPK Sentani Jayapura, Papua menuturkan “Acara OPSI 2019 keren abis! karena adanya OPSI sebagai tempat wadah peneliti-peneliti muda diharapkan mampu mengganti peneliti yang sudah tua. Serta diharapkan dengan adanya kegiatan OPSI ini muncul generasi penerus peneliti yang mampu membawa nama harum bangsa Indonesia di Kancah Internasional. Peserta didik saya sudah berbuat semaksimal mungkin, harapan kami hasilnya baik”.

“Semoga OPSI kedepannya semakin baik dalam pelaksanaannya serta semakin luas dalam output-output penelitiannya sehingga mampu mempresentasikan fenomena-fenomena yang ada di masyarakat maupun dalam bidang industri ataupun teknologi. Kepada peserta didik SMP Indonesia, Ayo bergabung jadilah peneliti-peneliti muda untuk mampu membawa nama baik sekolah, kabupaten, provinsi, serta Indonesia sehingga muncul banyak peneliti-peneliti di Indonesia. Bangga sekali kami dari Jayapura, Papua. Kami bersyukur bahwa semua ridho Tuhan kami dipercaya untuk tampil di kegiatan OPSI” tambah pembimbing dari SMP YPPK Sentani. Meneliti itu seru, cetuskan karyamu di OPSI tahun berikutnya. Generasi Peneliti Menuju Indonesia Emas!

Baca Juga  Pembukaan OPSI SMP Tahun 2019

Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top