Malam Budaya Nusantara Peserta OSN Tingkat SMP Tahun 2019

Malam Budaya kini menjadi malam yang dinantikan oleh para peserta OSN, karna kegiatan pada Hari Rabu 03 Juli 2019 ini memiliki dimensi yang berbeda dari anak bangsa dimana semua jenis budaya dari berbagai provinsi di Indonesia ditampilkan secara serempak oleh para peserta OSN SMP. Persiapan yang telah mereka lakukan juga cukup serius dalam acara malam budaya kali ini, setelah jam makan sore mereka pun berlatih Tari Adat yang akan ditampilkan. Mereka begitu terlihat kompak mengenakan baju asal provinsi masing-masing daerah.

Sebelum pembukaan acara, para penonton dimeriahkan dengan defile dari masing- masing peserta dan mengenakan baju adat mereka diawali dari Provinsi Aceh kemudian sesi foto bersama- sama.
Setelah itu dibuka Sambutan yang diawali oleh Ibu Retno Juni Rochmaningsih S.Sos selaku Kasubdit Peserta Didik Direktorat SMP beliau menyatakan bahwa “ Hari ini adalah malam budaya yang di tunggu- tunggu oleh peserta sejumlah 407 siswa dari 34 provinsi , inilah malam untuk kalian, kalian semua terbaik bidang Sains , kalian pintar dalam bidang Sains dan kalian juga pintar dalam pentas seni dari berbagai provinsi, seperti Aceh, Papua Barat. Ucapan selamat terhadap bapak dan ibu guru pendamping , tanpa kalian takan sampai mereka disini. Terima kasih terhadap orang tua murid yang selama ini juga telah mengapresiasi anaknya dalam kegiatan OSN”.

Acara Malam Budaya pun dimulai dari Kota paling Timur ke Barat Indonesia seperti Papua, Maluku, Gorontalo, kemudian ke pulau Jawa. Bapak Arta Kurniawan selaku Kepala Sekolah SMP Bina Bangsa 03 Kabupaten Sruyan Kalimantan Tengah juga menyatakan bahwa” saya kira rangkaian kegiatan dari OSN 2019 sudah sangat bagus sekali, bangga sekali karna dapat mengirim satu Siswa menjadi wakil sekolah ke tingkat Nasional, malam Budaya ini cukup penting untuk anak- anak karna perkembangan teknologi sudah banyak, tetapi jangan sampai melupakan budaya sendiri”.

Baca Juga  Permendikbud No 20 tahun 2019 tentang perubahan PPDB

Penulis : Adinda Ayu Fatimah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top