Literasi Bukan Hanya Sekedar Teks Bacaan

Jakarta – Literasi bukan hanya sekedar membaca teks, literasi merupakan proses untuk mendapatkan suatu pengetahuan dengan mengeksplor seluruh indra dan pikiran kita untuk dapat dan memahami kondisi sekitar. begitulah yang dialami oleh Ibu Istiana, seorang guru pengidap tuna netra yang mengajar di SLB Pembina Lebak Bulus.

Ibu Istiana adalah seorang guru yang sudah satu tahun mengajar di SLB Pembina, beliau telah mengidap tuna netra sejak umurnya menginjak 10 tahun. Bukan hal yang mudah bagi Ibu Isti untuk menjadi seorang guru SLB dengan keterbatasan yang ada pada dirinya, namun semangat dan niat baiknya untuk memberikan ilmu kepada anak-anak yang memiliki keterbatasan begitu kuat. Baginya keterbatasan tidak boleh menjadi alasan bagi seseorang untuk tidak berkembang, semua anak-anak berhak mendapatkan hak untuk mencapai cita-citanya.

Baca Juga  121.168 Siswa Pendidikan Dasar dan Kesetaraan di Kabupaten Banyumas Terima PIP

“mengeksplor kekuatan diri dan memposisikan diri agar bisa sama seperti orang normal lainnya dalam menimba ilmu pengetahuan, karena kekurangan fungsi fisik bukanlah menjadi alasan untuk terus belajar.” Ujar Ibu Istiana.

Penulis : Shesvika Putri Anjani

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top