Konsep Berpikir Tingkat Tinggi

Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS) dipicu oleh empat kondisi.

  • Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik
    dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.
  • Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan yang tidak dapat diubah,
    melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri
    dari lingkungan belajar, strategi dan kesadaran dalam belajar.
  • Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral
    menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
  • Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang lebih spesifik seperti penalaran, kemampuan
    analisis, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
Baca Juga  Pembukaan Bimtek SMP Terbuka 2019 - Region Jakarta

Menurut beberapa ahli, definisi keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya dari Resnick (1987) adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar. Keterampilan ini juga digunakan untuk menggarisbawahi berbagai proses tingkat tinggi menurut jenjang taksonomi Bloom.

Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top