Kondisi SMP Terbuka 1 Argapura – Majalengka

SMP Terbuka 1 Argapura terletak di Jalan Sukasari Kidul. No. 27. Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Penetapan SMP Terbuka 1 Argapura sebagai salah satu Induk SMP Terbuka dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar yang sesuai dengan prosedur Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu pada tanggal 3 Juni 2016.

Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) SMP Terbuka 1 Argapura bukan hanya dilaksanakan disekolah induk akan tetapi dilaksanakan juga di tempat kegiatan belajar (TKB) masing-masing, hal ini dikarenakan lokasi keberadaan siswa berjarak cukup jauh dari sekolah induk, (rerata berjarak kurang lebih 7-13 Km dari sekolah Induk). Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMP Induk (SMP Terbuka 1 Argapura) dilaksanakan selama 6 hari, sedangkan untuk proses KBM di TKB masing-masing pelaksanaannya selama 1 hari di sekolah Induk (pada hari jumat atau sabtu) dan sebanyak 5 hari kegiatan KBM dilaksanakan di TKB masing-masing.

Proses KBM baik di SMP Induk maupun di TKB masing-masing dilaksanakan pada siang hari. SMP Terbuka 1 Argapura memiliki empat TKB, diantaranya:

  1. TKB Haursehah
  2. TKB Gunung Tengah
  3. TKB Tejamulya
  4. TKB Cibuluh

Jumlah siswa yang mendaftar di SMP Terbuka 1 Argapura tiap tahunnya naik turun, pada tahun 2018/2019 jumlah mencapai 117 siswa, terdiri dari 55 siswa kelas VII, 23 siswa kelas VIII, dan 39 siswa kelas IX.

Jumlah guru yang mengajar berjumlah 26 orang, terdiri dari 14 orang guru bina dan 12 orang guru pamong. total 26 guru SMP Terbuka ini total keseluruhan guru yang mengajar disekolah induk maupun ditiap TKB masing-masing.

Program keterampilan yang dilaksanakan di SMP Terbuka 1 Argapura ini yaitu tata busana, hal tersebut menjadi jenis keterampilan utama yang dilatihakn karena SMP Terbuka 1 Argapura didukung dengan peralatan keterampilan yang masih memadai, peralatan keterampilan yang dimiliki diantaranya : mesin jahit berjumlah 10 unit, mesin obras berjumlah 2 unit, gunting, meteran untuk kain dan peralatan lainnya. Program keterampilan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP Terbuka 1 Argapura memiliki peluang untuk dipasarkan di daerah setempat.

Dalam praktik pelaksanaan program keterampilan, siswa-siswi SMP Terbuka dilatih oleh salah satu guru yang sudah ahli dalam menjahit, hasil jahitan baju yang dikerjakan beberapa sudah layak dipasarkan (dijual), jika ingin melihat seperti hasil jahitannya, dapat dilihat dari pakaian (seragam) yang dipakai siswa dalam proses KBM, Produk program pendidikan keterampilan (PPK) yang dibuat siswa pernah dipamerkan di Lamojari tingkat Povinsi pada tahun 2018.

Siswa SMP terbuka 1 Argapura terbilang berjumlah banyak, hal ini dikarenakan proses belajar/KBM lebih mandiri, jarak ke TKB lebih dekat daripada ke SMP Induk.

Baca Juga  Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekolah Secara Daring - Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah)

Dengan hal ini sekolah tetap berusaha mempertahankan keberadaan SMP Terbuka.

Penulis : Yanuar Asmara, M.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top