Keterampilan Kecapakan Hidup pada SMP Terbuka

Dilihat: 83

SMP Terbuka merupakan jenjang Pendidikan yang memberikan kesempatan seluruh putra-putri Indonesia yang belum bisa mengenyam Pendidikan formal seperti pada umumnya, mereka pun dibekali dengan berbagai macam keterampilan yang bertujuan agar nanti bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri bisa menghasilkan suatu produk dari tangan terampil mereka yang berguna bagi masyarakat.

Berikut ini adalah jenis keterampilan baik yang boleh dilakukan oleh siswa-siswa SMP Terbuka dan sekaligus produk yang tidak boleh dibuat atau dilakukan.

Keterampilan SMP Terbuka yang BOLEH dilakukan :

  1. Kriya (anyaman, kayu, tekstil, dan aksesoris)
  2. Sablon digital
  3. Batik
  4. Tenun
  5. Pengolahan makanan dan minuman
  6. Produk perawatan tubuh

Yang TIDAK diperbolehkan :

  1. Pertanian
  2. Peternakan
  3. Perikanan darat dan laut
  4. Perbengkelan
  5. Kerja batu
  6. Kerajinan batu permata/perhiasan
  7. Kerajinan logam
  8. Tata rias

1. Keterampilan Kriya

Anyaman 

Dimana peserta didik diberikan penguasaan yang meliputi ; Teori Anyam (Pengetahuan alat dan bahan), Desain Produk, Praktek pembuatan produk dengan teknik anyam datar dan konstruksi, sekaligus membuat portfolio hasil karya yang sudah dikerjakan.

Kayu 

Pada kegiatan ini mencakup ; Wawasan desain produk dan pasar, Pembuatan Komponen produk dengan teknik kerja bangku, ukir dan skrol, Finishing dan juga portfolio.

 

Tekstil 

Dalam Kriya Tekstil ini peserta didik akan diberikan pelatihan antara lain; tentang bahan tekstil, kain perca, membordir dan menyulam sebagai hasil gagasan ide kreatif.

Baca Juga  Batik Jumputan, Keterampilan SMP Terbuka 2 Kota Cirebon

Aksesoris 

Disini hampir sama dengan yang diberikan pada kegiatan Kriya Tekstil hanya saja lebih cenderung kepada hasil aksesoris atau pelengkap busana.

 

2. Sablon Digital

Peserta akan mendapatkan suatau penguasaan pengerjaan Sablon Digital antara lain; Teori sablon digital, Desain Produk, Praktek Pembuatan Produk Film, dan juga finishing.

3. Batik 

Dalam kegiatan Membatik ini siswa-siswi SMP Terbuka akan diajarkan dengan membatik tulis yang mencakup; Pemolaan, Proses Pembatikan, Perwarnaan dan Pelorodan.

4. Tenun 

Dalam hal ini peserta didik akan membuat produk batik tulis berupa bahan selendang yang meliputi; Teori Tenun, Desain Produk, Menghani (Pengetahuan Alat dan Bahan), Menggulung benang padan Bum, Penyucukan, Penenunan dan Finishing.

5. Pengolahan Makanan dan Minuman :

Pada point ini peserta didik akan diberikan berbagai wawasan dan sekaligus praktikum tentang produk tersebut, yaitu; Pengenalan alat, bahan dan Ketententuan Kadaluarsa Produk, Pengenalan keteknikan pengolahan makanan dan Minuman , Pengolahan dan juga Pembuatan Produk makanan yang berbahan lokal.

6. Produk Perawatan Tubuh

Peserta didik bisa menghasilkan produk antara lain; produk luluran, creambath, parfum dan masih banyak lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top