Kegiatan Fasilitasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan SMP Terbuka

Dilihat: 75

Dalam Implementasi Merdeka Belajar SMP melalui Kegiatan Layanan Khusus SMP Terbuka merupakan bentuk pendidikan layanan khusus yang memberikan layanan pendidikan yang menunjang program wajib belajar pendidikan dasar. Keberadaan SMP Terbuka masih diharapkan dapat menampung tamatan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang menghadapi berbagai macam kendala kondisional, antara lain seperti kondisi sosial ekonomi yang lemah, letak geografis yang sulit, infrastruktur yang tidak menunjang, ketersediaan sarana transportasi publik yang sulit, kendala waktu karena harus bekerja membantu orang tua, maupun bekerja mencari nafkah sendiri. Oleh karena berbagai kendala yang dihadapi itu, kecil sekali kemungkinan bagi mereka untuk dapat mengikuti pelajaran di SMP Reguler.

SMP Terbuka dapat terselenggara dengan baik bila tersedia peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana belajar, serta dana operasional yang memadai dan dikelola secara efektif juga efisien.

Keperluan operasional SMP Terbuka telah disediakan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler dari pemerintah Pusat dan BOS daerah baik dari Provinsi maupun dari kabupaten/kota. Selain dana BOS regular, SMP Terbuka masih memerlukan tambahan biaya, terutama dalam menunjang kegiatan pembelajaran di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) yang berada di luar sekolah Induk. Secara umum pelaksanaan Fasilitasi Bantuan Operasional SMP Terbuka bertujuan memberikan bekal kepada Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah dalam mengelola layanan SMP Terbuka dan mengelola bantuan operasional SMP Terbuka.

Baca Juga  Pembukaan BIMTEK Pembelajaran Inovatif Region Makassar 1

Narasumber Fasilitasi Bantuan Operasional SMP Terbuka yaitu Pejabat di lingkungan Direktorat SMP, Tim Direktorat SMP, dan Praktisi Pendidikan. Materi yang disampaikan antara lain: Kebijakan Direktorat SMP tentang Penyelenggaraan SMP Terbuka; Pengelolaan SMP Terbuka; Pemanfaatan Bantuan Operasional SMP Terbuka; Pelaporan dan Pertanggungjawaban Dana Bantuan; Asistensi RAB dan jadwal pengelolaan dana bantuan permerintah; dan Penyelesaian dokumen pencairan.

Dari Kegiatan Fasilitasi Bantuan Operasional ini diharapkan Pengelola SMP Terbuka memahami kebijakan Direktorat SMP tentang SMP Terbuka, Pengelolaan SMP Terbuka, Pemanfaatan Bantuan, dan pertanggungjawaban keuangan BOP SMP Terbuka, selanjutnya tersusunnya Program Kerja dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemanfaatan BOP SMP Terbuka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top