Kebijakan Program Direktorat Pembinaan SMP

Bapak Eko Susanto SE,M.Si selaku Kasubdit Program & Evaluasi – Direktorat Pembinaan SMP, sekaligus Ketua Panitia Rakor Program Direktorat Pembinaan SMP 2019 kali ini memaparkan Kebijakan Program Direktorat Pembinaan SMP 2019 guna meningkatkan Mutu SMP sesuai dengan Standart Nasional Pendidikan.

Beliau juga membahas mengenai Perkembangan APK menurun di  tahun 2010-2018,yang dimana Jumlah Kab APK pada tahun 2017 berjumlah 46 Kab/Kota,sedangkan ditahun 2018 jumlah Kab APK berjumlah 85 Kab/Kota. kemudian mengenai Mutu,yang dimana mutu memiliki 8 standart yang telah ditentukan yaitu berupa Isi, Proses,Penilaian, PTK,Sarana dan Prasarana ,pengelolahan,pembiayaan,serta Rata-rata, dan diharapkan dapat dilakukan nya 5 standart.

Program selanjutnya yang dibahas oleh beliau mengenai Zonasi SMP yang terdapat tahapan pengembangan dan pengelolaan zona yang memiliki 3 tahap yaitu tahap Klasifikasi,tahap peningkatan kapasitas, dan tahap pemantauan. Tahap klasifikasi  Nominasi dibagi menjadi dua yaitu Indikator Skala Nasional dan Indikator Kontrol (Hasil UN, Hasil UKG, Hasil PMP).

Baca Juga  Malam Budaya Nusantara Peserta OSN Tingkat SMP Tahun 2019

Standar Nasional Pendidikan yang dibagi menjadi 8 akses yaitu, Standar Kompentensi Lulusan (Puspendik), Standar ISI, Standar Pendidik dan tenaga kependidikan, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolahan, serta Standar Penilaian Penduduk.

Pembahasan mengenai  Subdit yang pertama yaitu mengenai Subdit Program dan Evaluasi yang dibagi menjadi 3 yaitu, SMP terbuka dan CLC, Sekolah Berbasis Komunitas, dan Bantuan Operasioanal Sekolah (BOS). Mengenai hal yang baru dari Dana BOS 2019 yaitu BOS Kinerja , ,Penerima BOS wajib memiliki NISN, Cut Off date data BOS 31 Januari, dan  BOS Affirmasi  31 Oktober.

Penulis : Adinda Ayu Fatimah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top