Inspirasi Gamchoen & Kampung Warna Warni Indonesia

Presiden Republik Indonesia – Ir. Joko Widodo mengadakan kunjungan ke Korea Selatan sekaligus mengunjungi Desa Budaya Gamcheon, Desa Budaya Gamcheon adalah tempat di mana sejarah Busan, yang merupakan bagian dari sejarah modern nasional dan jejak sejarah modern Korea, telah dilestarikan sejak awal kehidupan yang sulit dari 6,25 pengungsi pada 1950-an. Bertingkat bertingkat rumah di sepanjang kaki bukit dan pemandangan lorong Miro Miro, yang terhubung sepanjang jalan, menunjukkan keunikan Teluk Gamcheon.

Pada tahun 2009, pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk membuat proyek untuk merenovasi Gamcheon, bernama “Dreaming of Busan Machu Picchu”. Rencana tersebut memiliki tujuan untuk mencabut desa menjadi komunitas kreatif yang dijalankan oleh penduduk, seniman, dan kantor administrasi setempat. Dengan berkolaborasi dengan seniman lokal, mereka mengubah desa menjadi tempat yang penuh warna mural.

Di Indonesia sendiri sekarang mulai bermunculan Kampung Warna Warni, yang merubah pandangan seseorangan tentang suatu Kampung menjadi tampak modern, berikut ini beberapa Kampung Warna Warni yang ada di Indonesia :

1. Kampung Jodipan Malang
Kampung ini Semua berawal dari ide Mahasiswa UMM yang melihat adanya hal yang potensial di Kampung Jodipan ini dalam hal sebagai lokasi yang memiliki pemandangan dan spot yang bagus untuk berfoto, akan tetapi melihat kondisi yang kumuh ini menjadi hal yang harus ditangani terlebih dahulu sebelum merubahnya menjadi lokasi tempat wisata. maka dari itu mereka mencari sponsor dan penggalangan dana terhadap pemkot Malang.

2. Kampung Bulak, Kenjeran, Surabaya
Kampung warna warni di Surabaya ini sebenarnya terdiri dari tujuh kelurahan, yakni Sukolilo, Cumpat, Kedung Cowek, Nambangan, Kejawan, Bulak, dan Kenjeran. Jadi, warna warni meriah pilihan backgroud foto Instagrammu jauh lebih banyak di Surabaya dibanding tempat lain. Kalau langsung memasuki kelurahan-kelurahan ini, kalian bisa langsung melihat ragam corak yang digoreskan di dinding-dinding rumah penduduk.

3. Kalilo, Banyuwangi
Sebelum disulap sebagai kampung wisata, Kampung Kalilo adalah perkampungan kumuh yang ada di bantaran Sungai Kalilo. Saking kumuhnya kamu akan mudah melihat sampah berserakan di daerah tersebut. Transformasi kampung kumuh Kalilo menjadi kampung wisata adalah hasil kerjasama Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) dan Pemkab Banyuwangi serta masyarakat sekitar.

Baca Juga  OSN SMP 2019 Memberi Warna Peradaban Bangsa

4. Bejalen, Kab. Semarang
di Bejalen, selain bisa menikmati pemandangan rumah yang warna-warni, Kamu pun bisa melihat pemandangan sungai warna-warni. Ya, bukan warna air sungainya yang berwarna warni, tapi di atas sungai itu ada penampakann bola-bola yang beraneka ragam warnanya.

5. Kalisari, Semarang
Perpaduan warna cerah dan tepat inilah yang membuat wisata kampung pelangi berubah menjadi lebih menarik untuk dikunjungi. Warna yang dipadukan adalah merah, kuning, biru, ungu, hijau dan masih banyak lagi yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke sini. Kesan kumuh yang semula terlihat pun seakan menghilang seketika. Berubah menjadi bersih dan nyaman. Selain itu, warganya pun juga sangat ramah serta bersahaja.

6. Kampung Kali Code, Yogyakarta
‘Show your colour’ itulah tema yang di usung untuk memberikan keceriaan dan kemandirian kepada para penghuni. Katanya sih, ide membuat bangunan warna-warni ini agar rumah di kampung itu terlihat unik dan menarik gitu. Kampung ini ada di Kelurahan Singonegaran, jika Kamu tertarik untuk mengunjunginya.

Diatas tersebut merupakan beberapa Kampung Warna-Warni yang ada di Indonesia, masih ada beberapa Kampung Warna Warni lagi yang sudah mulai berbenah sehingga dapat mengangkat nama kampung tersebut menjadi terkenal dan menjadi tujuan wisatawan. Menjadi langkah awal sebuah kemajuan menjadikan kesan Kampung sekarang menjadi lebih indah dan menjadi objek wisata dan budaya, walaupun berawal untuk sekedar hanya untuk bersua foto semoga Kampung Warna Warni, seperti harapan Presiden Republik Indonesia yang sudah berkunjung ke Korea Selatan – Desa Budaya Gamcheon menjadikan inspirasi tersendiri dan menjadi penyemangat memajukan Kampung di Indonesia menjadi pusat budaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top