Inovasi Helm Anti Buram

Jakarta – Musim penghujan sudah memasuki wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Biasanya, permasalahan yang sering kali muncul saat berkendara ditengah hujan adalah munculnya embun pada bagian kaca helm.

Helm adalah sebuah pelindung kepala yang terbuat dari bahan anti benturan dan berbentuk menyesuaikan dengan bentuk kepala. Helm adalah salah satu perangkat wajib untuk menunjang keamanan dan keselamatan bagi pengendara sepeda motor. Munculnya embun dipermukaan dalam kaca helm tentu akan sangat mengganggu penglihatan atau visibilitas saat berkendara. Hal ini juga berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Karena itu Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2019 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) memberi kesempatan pada generasi muda membuat sesuatu karya kreatifitas terbaru. Salah satunya peserta dari SMP Islam Terpadu As shidiqi Jambi, yaitu Bayu Razieq Setiadiningrum dan Muhammad Naufal menciptakan “Helm Anti Buram”. Yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan pada musim hujan. Setelah dilakukan uji coba selama 6 (enam) bulan, dan tanggapan dari beberapa orang responden ini sangat membantu saat pandangan mulai buram karena helm terkena hujan. Semoga dapat memberikan manfaaat kepada masyarakat luas, bisa dimanfaatkan juga pada pengendara motor. Semoga teman-teman yang belum/sedang berusaha semoga kalian bisa mengikuti kegiatan OPSI ditahun berikutnya.

Baca Juga  Pembukaan OSN Tingkat SMP 2019

Selain, helm anti buram masih banyak teknologi yang dikembangkan para peserta kegiatan OPSI. Sangat berbangga sekali, memiliki peserta yang inovatif, kreatif, dan berkarakter. Sesuai dengan tema kegiatan OPSI tahun ini Generasi Peneliti Menuju Indonesia Emas, Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat mengembangkan teknologi yang ada di Indonesia.

Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top