Informasi tentang Aplikasi e-Rapor oleh Tim Pengembangan aplikasi e-Rapor SMP

Adapun informasi dari Bapak Harry Haryono selaku Narasumber dari SMPN Tulang Bawang, Lampung. “Aplikasi e-Rapor ini sudah lahir sejak tahun 2017 dibuat oleh Direktorat Pembinaan SMP yang sudah dipergunakan seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia secara gratis”.

Beliau juga menambahkan bahwa “Aplikasi ini sudah terstandarisasi berdasarkan panduan penilaian tahun 2017 yang telah dilucurkan Direktorat Pembinaan SMP, serta keuntungan lainnya dari aplikasi ini bersifat fleksibel dan dapat diakses secara online dan offline. Harapannya semua SMP dapat mempergunakan aplikasi ini, karena dapat dibayangkan bila 10 (sepuluh) tahun kemudian masih menggunakan rapor manual, bila ingin melihat nilai rapor namun sudah lusuh ataupun hilang. Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pengguna dalam mengakses kembali nilai rapor, sehingga dapat memudahkan setiap sekolah mengirimkan rekap nilai”.

Baca Juga  Registrasi Rakor Region 3 Makasar 2019

Harapan lainnya aplikasi ini dapat digunakan diseluruh SMP secara pasif aktif, tidak perlu ragu untuk mensinkron karena data sudah dari dapodik. Diharapkan Dinas kabupaten/kota daerah diseluruh Indonesia dapat menghimbau setiap sekolah didalam wilayahnya masing-masing untuk bisa mempergunakan aplikasi e-Rapor.

Penulis : Rizka Dwi Jayanti

1 thought on “Informasi tentang Aplikasi e-Rapor oleh Tim Pengembangan aplikasi e-Rapor SMP”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top