Running info

DIREKTORAT PEMBINAAN SMP

Mendikbud : Menang tidak terbang, Kalah tidak tumbang

Workshop SBP, RKB dan lainnya...

Peningkatan kualitas Sarpras

Workshop Pelatihan P2USB

Pencanangan Pembangunan USB & SATAP SMP 2016

2016-06-10 12:51:10

Jakarta-Kemdikbud melalui Direktorat Pembinaan SMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tahun anggaran 2016 telah melaksanakan serangkaian proses pemberian dana pemerintah untuk Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) dan SD-SMP Satu Atap (SATAP) SMP bagi daerah-daerah yang memerlukan. Serangkaian proses tersebut diawali dengan penjaringan usulan pembangunan, verifikasi lokasi pembangunan, penetapan lokasi pembangunan, pembentukan kelembagaan sekolah dan penetapan panitia pembangunan sekolah hingga pelatihan bagi panitia pembangunan sekolah.

Percepatan pelaksanaan pembangunan pun mulai dilakukan. Tepatnya pada periode tanggal 16-29 Mei 2016 kegiatan pencanangan dimulainya proses pembangunan dan peletakkan batu pertama untuk pembangunan USB dan SATAP SMP di beberapa lokasi pembangunan.  Pada Tahun 2016, Kemdikbud melalui Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen memberikan bantuan pemerintah untuk membangun 196 USB, 25 USB Berasrama, dan 110 SATAP kepada daerah yang membutuhkan, sebagai bentuk layanan perluasan akses pendidikan SMP.


Pada kesempatan tersebut, tepatnya pada tanggal 17 Mei 2016, Direktur Pembinaan SMP Dr. Supriano, M.Ed menghadiri acara pencanangan dimulainya pelaksanaan Pembangunan USB di Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Banyuasin dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuasin serta masyarakat setempat atas antusiasnya yang kuat dalam pelaksanaan program ini. Beliau juga menambahkan bahwa pembangunan sekolah merupakan tugas bersama bukan hanya panitia pembangunan saja, namun tugas bersama Pemerintah Pusat, Daerah, Dinas Pendidikan, dan Masyarakat setempat. Perlu kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak agar pelaksanaan Pembangunan di sekolah berjalan dengan baik.

Pelaksanaan pencanangan pembangunan USB dan SATAP tahun 2016 selain di Kab. Banyuasin Sumatera Selatan, juga serentak dilaksanakan di berbagai daerah, antara lain Kabupaten Bandung, Rokan Hulu, Pangkajene dan Kepulauan, Buton, Sorong, Mamuju, Lombok Timur, Ende, Minahasa Selatan, Aceh Utara, Bengkulu Utara, Pulang Pisau, Kota Lhokseumawe, Kota Banjarmasin, dan Kota Pontianak. Kegiatan ini bermaksud memberi atensi kepada daerah-daerah yang akan melaksanakan pembangunan tahun anggaran 2016 dan mengkampanyekan percepatan pelaksanaan pembangunan USB dan SATAP yang transparan, akuntabel dan melibatkan masyarakat.  
 

Kegiatan Sarana Prasarana

Share
KATEGORI Edukasi