Hari Lautan Sedunia – 8 Juni 2020

Dilihat: 31

Sungguh waktu yang menyenangkan ketika jaringan organisasi Hari Lautan Sedunia dan orang-orang yang bersemangat di seluruh planet kita mengambil tindakan untuk melindungi dan memulihkan lautan kita bersama. Tidak peduli apa tantangannya, tidak akan ada yang menghalangi siapa pun dalam mengejar tujuan ini. Kita semua di sini untuk merayakan keberhasilan, belajar dari dan mendukung satu sama lain, mengambil tindakan, dan menikmati hari itu!

World Oceans Day alias Hari Lautan Sedunia merupakan hari peringatan bagi masyarakat untuk menghargai laut-laut yang ada di dunia, karena laut telah memberikan sumber daya yang luar biasa bagi manusia. Hari Lautan Sedunia secara resmi disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008 .Tahun ini, Hari Lautan Sedunia mengusung tema yang bernama “Our Oceans, Our Future”. “Our Oceans, Our Future” memiliki misi untuk mencegah sampah plastik masuk ke dalam laut dan membersihkan laut dari sampah plastik yang telah ada.

Indonesia sendiri dikenal sebagai negara maritim karena dikelilingi oleh lautan seluas 96.079,15 km2. Karena ini pula Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Pada awalnya, Hari Lautan Sedunia diperingati dalam Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 1992. Kemudian, PBB mengesahkan Hari Lautan Sedunia pada akhir tahun 2008 yang sampai sekarang selalu diperingati oleh setiap negara di dunia.

Baca Juga  Jawa Tengah Juara Gala Siswa Indonesia 2019

Peringatan itu juga meluangkan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri. Laut juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional.

Polusi global dan konsumsi ikan yang berlebihan telah menyebabkan populasi ikan berkurang dengan drastis. Hari peringatan ini juga memberikan kesempatan berbeda untuk menyelenggarakan aksi komunitas dan personal untuk menjaga samudra dan hasil di dalamnya.

Aksi yang bisa dilakukan saat peringatan Hari Lautan Sedunia juga beragam, seperti pembersihan pantai dan konsisten untuk tidak membuang sampah apa pun ke laut. Secara garis besar, tujuan peringatan Hari Lautan Sedunia (World Oceans Day) adalah:

  • Untuk mengingatkan semua orang tentang peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mereka adalah paru-paru planet kita, memberikan sebagian besar oksigen yang kita hirup
  • Untuk menginformasikan kepada publik tentang dampak dari tindakan manusia di laut
  • Untuk mengembangkan gerakan dunia dari warga untuk laut
  • Untuk memobilisasi dan menyatukan penduduk dunia pada sebuah proyek untuk manajemen berkelanjutan dari lautan di dunia. Mereka adalah sumber utama makanan dan obat-obatan dan bagian penting dari biosfer.
  • Untuk merayakan bersama-sama keindahan, kekayaan, dan masa depan laut.

#WorldOceansDay dan #ProtectOurHome.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top